7 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Ilustrasi Kopi


Kopi adalah minuman yang biasa dijadikan teman begadang semalaman. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kopi dapat menahan kantuk. Minuman dengan bahasa ilmiah Coffea ini memang memiliki rasa yang kuat dan bisa membangkitkan semangat. Selain itu, kandungan kafein pada kopi bisa menjadi stimulan pada sistem syaraf pusat. Kopi juga dapat meningkatkan tekanan darah, memacu energi, dan merubah mood/perasaan menjadi lebih baik.
Hal inilah yang menjadikan kopi cocok dikonsumsi saat malam, atau pagi hari sebelum beraktivitas.
Selain menjadi zat stimulan untuk mencegah kantuk, ternyata kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Disamping kafein, kopi memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Kopi juga memiliki kandungan riboflavin, pantotenat, natrium, magnesium, dan beberapa nutrisi lainya.
Lebih lengkapnya, berikut saya bagikan informasi mengenai Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Tubuh.

1. Mencegah Kanker

Seperti yang kita ketahui, kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang patut diwaspadai. Menurut sebuah penelitian, kopi dapat membantu mencegah kanker usus, kanker mulut, dan beberapa jenis kanker lainya. Hal ini dikarenakan, kopi memiliki kandungan antioksidan yang aktif dan senyawa anti-inflamasi. Khusus untuk kopi espresso, kandungan anti-kankernya bisa 2-3 kali lebih tinggi dibandinkan kopi biasa.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari kopi adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Dilansir dari Alodokter, menurut sebuah penelitian kopi dapat melindungi seseorang dari resiko terkena penyakit jantung.
Meski demikian, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Mengurangi Depresi/Stress

Depresi atau stress adalah keadaan dimana mental seseorang dalam kondisi tertekan. Stress berkepanjangan bisa memicu timbulnya berbagai penyakit. Kandungan kafein dalam kopi sangat bermanfaat dalam mengurangi tingkat stress seseorang. Selain itu, kopi juga bisa membuat pikiran lebih tenang dan nyaman.

4. Menurunkan Resiko Pikun (Demensia)

Demensia atau pikun biasanya terjadi pada orang dengan usia lanjut. Rebuah riset di Swedia dan Denmark menyatakan bahwa orang yang meminum 3-5 cangkir kopi setiap hari, 65% lebih rendah terkena penyakit pikun/dimenia.
Antioksidan yang terdapat pada kopi bisa membantu mengurangi demensia vaskular. Selain itu, kafein pada kopi juga bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi penghalang darah otak, dan meningkatkan energi.

5. Menjaga Berat Badan

Mengkonsumsi kopi tanpa gula dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini dikarenakan, kandungan kalori pada kopi sangat sedikit. Kandungan kafein dalam kopi juga bisa mempercepat metabolisme dan membakar lemak tubuh secara alami.

6. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Selain jantung, hati juga termasuk kedalam daftar organ vital pada tubuh manusia. Menurut sebuah penelitian, kopi dapat meminimalisir resiko terkena sirosis hati hingga 22%. Sirosis sendiri adalah penyakit yang berupa rusaknya organ hati.
Kopi juga dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker hati, dan penyakit empedu.

7. Mengurangi Resiko Terkena Parkinson

Terakhir, manfaat dari kopi adalah mrminimalisir resiko terkena parkinson. Seperti yang kita ketahui, parkinson sendiri merupakan penyakit yang terjadi pada sistem syaraf manusia. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa asupan kopi dapat menurunkan resiko terkena penyakit parkinson secara signifikan. Kandungan kafein pada kopi bisa membantu penderita parkinson dalam mengontrol gerak tubuh.
Meski demikian, manfaat kopi untuk kesehatan masih perlu penelitian lebih lanjut. Perlu diingat, bahwa jangan mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Jika anda pengidap penyakit tertentu, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi kopi.

Demikian postingan mengenai Manfaat Kopi Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Silakan berkomentar di kesehatanp1.blogspot.com Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar yang melanggar peraturan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel