5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Kemarau

Ilustrasi Menjaga Kesehatan

Seperti yang kita ketahui, musim kemarau adalah keadaan dimana curah hujan sangat sedikit. Biasanya, di musim kemarau suhu udara akan meningkat dan cenderung kering. Selain itu, udara di musim kemarau juga membawa partikel seperti debu yang bisa menimbulkan penyakit.
Beberapa penyakit yang biasanya timbul saat musim kemarau seperti Infeksi Saluran Pernafasan Atas, Diare, dan beberapa penyakit lainya. Anda bisa membaca postingan sebelumnya mengenai penyakit yang sering timbul saat musim kemarauuntuk informasi lebih yang detail.
Karena itu, menjaga kesehatan saat musim kemarau menjadi suatu keharusan. Hal ini bertujuan, untuk mencegah penyakit yang bisa menghambat aktivitas anda sehari-hari.
Berikut adalah informasi mengenai Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Kemarau.

1. Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih

Sekitar 60-70% dari berat tubuh manusia terdiri dari cairan/air. Karena itu, sangat penting untuk menjaga cairan tubuh agar tetap stabil, terutama saat musim kemarau. Udara yang panas saat musim kemarau menyebabkan tubuh mudah berkeringat, dan kehilangan cairan.
Untuk menghindari dehidrasi (kekurangan cairan tubuh), dianjurkan untuk minum air putih sekitar 8 gelas setiap harinya.

2. Istirahat Yang Cukup

Tips selanjutnya adalah pastikan tubuh anda beristirahat dengan cukup. Tidur adalah cara terbaik untuk mengistirahatkan tubuh. Dianjurkan, agar kita tidur kurang lebih 8 jam setiap harinya.
Saat tidur, tubuh akan meregenerasi sel-sel yang telah rusak, dan menggantinya dengan sel baru. Selain itu, kinerja tubuh anda juga akan lebih optimal dan meminimalisir resiko terkena penyakit.

3. Rutin Berolahraga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa berolahraga dapat membuat kesehatan tubuh tetap terjaga. Dengan berolahraga, peredaran darah akan lebih lancar, begitupun dengan asupan oksigen ke area otak. Olahraga juga bisa memicu timbulnya hormon serotoninadrenalindopamin, dan endorfinyang bisa membentuk perasaan bahagia dalam tubuh.
Karena itu, berolahraga sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan. Saat berolahraga di musim kemarau, terutama diluar ruangan, pastikan anda menggunakan masker untuk menghindari paparan debu.

4. Jaga Kebersihan Diri dan Makanan

Di musim kemarau, biasanya udara akan membawa debu dan zat lain yang bisa mengganggu kesehatan. Karena itu, pastikan diri dan makanan yang akan dikonsumsi selalu dalam keadaan bersih. Untuk menjaga kebersihan diri, bisa dimulai dengan mandi secara rutin minimal 2 kali sehari. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan sebelum menyentuh dan mengkonsumsi makanan.
Begitu juga dengan makanan yang akan dikonsumsi. Disarankan untuk dicuci terlebih dahulu dengan air mengalir, terutama untuk makanan mentah seperti buah dan sayur. Selain menjaga kebersihan, hal ini juga bisa mengurangi kandungan zat pestisida.

5. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Selain kebersihan makanan, jenis makanan yang akan dikonsumsi juga harus diperhatikan. Makanan yang sehat dan bergizi tinggi bisa sangat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh.
Beberapa jenis makanan yang dianjurkan seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan.
Menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat bisa dimulai dari kebiasaan sehari-hari. Seperti rutin berolahraga, menjaga kebersihan, dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Demikian postingan mengenai Tips Menjaga Kesehatan di Musim Kemarau, semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Kemarau"

Post a Comment

Silakan berkomentar di kesehatanp1.blogspot.com Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar yang melanggar peraturan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel