Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Kegunaan Microsoft Excel

Apa Itu Microsoft Excel ?
Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Kegunaan Microsoft ExcelMicrosoft Excel ialah sebuah program aplikasi salah satu bagian dari Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah angka atau data dengan terdiri dari baris dan kolom guna mengeksekusi perintah. Microsoft Excel telah menjadi aplikasi pengolah data terbaik di dunia, selain itu excel juga tersedia bukan hanya di windows saja, akan tetapi tersedia di MacOs, bahkan versi Android dan Apple. Microsoft excel menggunakan spreadsheet (sel baris dan kolom) guna untuk menagamen data dan melakukan fungsi-fungsi Excel yang lebih dikenal dengan Formula Cell.

Fungsi dan Kegunaan Microsoft Excel

Fungsi utama microsoft excel adalah sebagai software atau aplikasi pengolah angka. Agar lebih jelas berikut adalah manfaat dan kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari antara lain sebagai berikut.

  • Digunakan untuk melakukan perhitungan aritmatika, menformat, grafik dan statistika data.
  • Membuat, menganalisa, mengedit, mengurutkan dan meringkas data.
  • Membuat berbagai jenis grafik dan diagram.
  • Membuat catatan, laporan dan anggaran keuangan.
  • Membantu menyelesaikan soal-soal aritmatika serta logika.
  • Melakukan analisis dan reset harga dan juga melakukan perhitungan dari sebuah penelitian dan statistika.
  • Membantu sektor bisnis untuk mempermudah melakukan laporan data atau keuangan.
  • Membuat daftar nilai, agenda serta data lainnya di sekolah ataupun di universitas
  • Menghitung dan mengelola investasi, pembelian, penjualan, pinjaman, inventaris dan lain sebagainya

Manfaat Microsoft Excel

Banyak sekali manfaat dari microsoft excel yang dapat memebantu dan mempermudah pekerjaan kita. Manfaat dan kegunaan microsfot excel antara lain.

Finance (Akuntansi)

Dalam bidang finance / keuangan microsoft excel adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengelola data keuangan seperti menghitung jumlah laba/rugi perusahaan, mengelola pemasukan dan pengeluaran selama periode, serta menghitung gaji karyawan dan lain sebagainya.

Pengelolaan Data

Manfaat microsoft excel dalam pengelolaan data yakni dipergunakan untuk mengelola database, statistik, mencari nilai tengah, nilai rata-rata, nilai minimum serta nilai maximum dari sebuah data.

Perhitungan Matematis

Basic microsoft excel adalah membantu mengelola sebuah data yang berhubungan dengan angka, maka dari itu salah satu manfaat microsoft excel sebagai kulkulas mencari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, modulus dan lain sebagainya.

Membuat Grafik

Microsoft excel bermanfaat dalam mengontrol perkembangan sebuah perushaan atau intansi lainnya misalnya grafik perkembangan penjualan produk, daftar pengunjung, nilai mahasiswa dan lainnya. Memungkinkan kita untuk mengontrol perkembangan.

Pembuatan Tabel

Jumlah bari pada microsoft excel adalah 1.084.576 dan kolom berjumlah 16.384 Maka sangat memumpuni Anda membuat tabel untuk menginput data dengan jumlah yang sangat besar dalam satu file dokumen microsoft excel.

Kelebihan Microsoft Excel

Microsoft Excel dikenal sebagai aplikasi pengolah angka yang paling populer tentu memiliki kelebihan dan kekurangan antara lain.

Easy Interface

Microsoft excel merupakan program aplikasi pengolah angka interface yang mudah dipahami sehingga mudah dipelajari untuk pengguna pemula.

Data Terogranisir

Organasasi data adalah salah satu manfaat yang besar dari microsoft excel yang mampu mengatur data dengan teratur dan terorganisir dimana spreadsheet memiliki kelogisan dan grafik yang bagus. Dengan data yang tersusun atau terorganisir maka mencerna atau analisis data pekerjaan terutama digunakan untuk membuat grafik presentasi dan visual lainnya.

Formula Excel

Melakukan perhitungan menggunakan microsoft excel akan lebih mudah daripada menggunakan alat lain seperti kalkulator. Dengan menggunakan formula/rumus-rumus excel dapat menyelesaikan perhitungan angka lebih cepat sekalipun dengan jumlah yang besar baik persamaan sederhana maupun rumit.

Namun, semua itu tergantung pada keterampilan dan pemahaman pengguna seperti pemahaman bagaimana cara menggunakan rumus excel Average,Min,Max,Sum dan lain sebagainya untuk melakukan penghitungan.

Support Berbagai System Operasi

Dengan dukungan pihak ketiga, excel memiliki standar yang baik untuk spreadsheet dan perangkat lunak yang bisa di gunakan pada perangkat lain seperti Smartphone dan Tablet. Selain itu excel juga dapat mengimpor file excel ke dalam format asli mereka dan mengekspor file mereka sendiri kedalam file excel.

Dukungan Microsoft Office

Merupaka bagian dari microsoft office, excel bekerja hampir seluruh bagian lain Microsoft Office. Seperti spreadsheet yang bisa ditambahkan pada microsoft word untuk membuat laporan presentasi agar lebih dinamis dan visual.
Dengan ukuran yang cukup ringan, microsoft excel memiliki resource RAM yang kecil dibandingkan program sejenis lainnya. Dengan ukuran yang sangat ringan, microsoft excel bisa anda install pada laptop / pc bahkan perangkat android yang memiliki RAM terbatas atau rendah.

Kekurangan Microsoft Excel

Dari setiap kelebihan pasti ada kekurangan begitupun dengan microsoft excel tentunya memiliki kekurangan antara lain.

Butuh Pemahaman Lebih

Saat seseorang yang hampir memahami menggunakan microsoft excel dan merasakan manfaat dari semua fitur excel, tentu saja membutuhkan pembelajaran dan latihan yang giat agar guna agar lebih mahir menggunakannya. Jika seseorang yang tidak paham mengenai syntax dan rumus perhitungan excel akan merasa lebih sulit menggunakan aplikasi pengolah kata ini. Maka dari itu untuk menikmati fitur excel harus berlatih lebih

Rentan Salah Perhitungan

Dalam penggunaan microsoft excel, sangat dibutuhkan ketelitian terutama dalam menggunakan formula excel saat ketika melakukan perhitungan dengan jumlah besar. Mengapa demikian? karena apabila anda salah menulis rumus sedikit saja maka akan berakibat fatal pada hasil perhitungan.

Seperti yang sudah terjadi pada JP Morgan yang telah kehilangan miliyaran dollar akibat salah perhitungan excel yang ia lakukan. Yang dilansir pada Majalah Forbes berdasarkan laporan Tim Worstall.

Memakan Waktu dan Butuh Ketelitian

Menginput data secara manual menggunakan excel membutuhkan ketelitian terutama jika pengguna memiliki banyak data yang dimasukan akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Maka harus memiliki skill yang mendasar seperti familiar dengan keyboard, fungsi dan lainnya supaya waktu yang dibutuhkan untuk menginput data menggunakan excel akan lebih efisien

Posting Komentar untuk "Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Kegunaan Microsoft Excel"

Iklan Bawah Artikel