Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

Cacar air

Jika anak Anda mengalami tanda" yang berbeda,melempung dalamnya terdapat air itu cacar air. 



Bahaya terkena cacar air, Segera di obati sebelum banyak menular ke seluruh tubuh anak Anda.
Bintil cacar baru akan muncul setiap hari selama 4-5 hari. Demam yang mengikuti cacar biasanya akan berada di angka tertinggi pada hari ketiga atau keempat. Anak-anak akan mulai merasa baikan dan demam akan menurun setelah bintil cacar perlahan menghilang. Rata-rata seorang anak akan mendapatkan lebih dari 300 bintil cacar.

Cacar air sangat mengganggu penampilan. Anda sebagai orangtua adalah terus yakinkan anak Anda bahwa luka cacar hanyalah sementara dan akan cepat menghilang. Cacar air tidak meninggalkan bekas luka jika cacar air tidak di garuk"karena kalau di garuk akan meninggalkan  bekas luka pada kulit. Harus hati"menjaga kesehatan anak Anda. Makanya selalu perhatikan anak Anda jangan biarkan anak Anda main"di tempat yang kotor/becek"kan. Karena kulit anak kecil sangan sensitive.

Tips cara mengatasi cacar air dan mengurangi rasa panas, gatal dan demam pada anak Anda.


A. Berendam air dingin. 


Air dingin bisa  bertindak sebagai kompres yang meringankan rasa gatal dan kemerahan juga panas akibat cacar. Lakukanlah untuk  anak Anda  berendam air dingin setidaknya selama 7 menit setiap empat 3jam sekali pada beberapa hari pertama ia terkena cacar air. Berendam aman dilakukan sebagai terapi rumahan karena cacar menular hanya melalui udara, bukan air.

Untuk mengobati  bintil cacar agar tidak pecah, jangan gosok dengan handuk saat mengeringkan badan dan juga jangan di garuk". Tepuk-tepuk perlahan tubuh sampai air menyerap kering. Setelah mandi, Anda bisa aplikasikan bedak dingin (calamine) untuk meringankan gatal. Atau, kompres bintil-bintil cacar dengan es batu. Jika anak Anda mengeluhkan gatal yang amat sangat sehingga mengganggu tidur, kompres dengan air.
Perhatikan terus anak jangan sampai memegang"benda/makanan terlebih dahulu. Takutnya terjadi menular jika anak di biarkan saja.


B.Istirahat Di Rumah


Selama anak Anda terkena  cacar air, jangan biarkan anak anda keluar rumah  & banyak bermain.

Pastikan anak-anak beristirahat yang sangat  cukup. Selain itu juga  agar cepat sembuh.

Jaga selalu di rumah
Perhatikan saja terus. Karena kalau keluar rumah takutnya cacar tersebut menular kemana"jadi anak Anda jangan sampai keluar"rumah & bermain.


C Air Kelapa


Air kelapa sudah terkenal ke mana"kususnya di indonesia untuk penetral racun, air kelapa juga bisa Anda pakai untuk mengobati penyakit cacar air . Apabila Anak Anda terkena cacar air  rutin menggunakan air kelapa, sedikit demi sedikit bekas cacar air akan hilang. Tidak hanya itu, kulit  akan  kembali mulus  Meskipun begitu, cara ini tidak bisa berhasil secara cepat & instan. Proses alami penyembuhan pastinya butuh waktu ga ada yg langsung instan. Tapi dengan pelan"maka cacar air akan sembuh.


D. Berikan banyak cairan


Air sangat penting untuk semua manusia, kalau sampai manusia kekurangan air bisa mengakibatkan banyaknya terkena penyakit.

Biasanya anak yang mengalami cacar air akan disertai dengan demam,panas dan kemerahan jadi berikan banyak cairan yang akan membantu menjaga kulitnya tetap lembap, sehingga mengurangi rasa gatal yang dirasakan, serta membantu penyembuhan luka cacar air. Usahakan agar anak Anda minum air yang bersih. Sebelum mengasihkan minuman pada anak cuci bersih terlebih dahulu gelas tersebut pake air hangat.
Minimal 8 gelas dalam sehari. Maximal 10 gelas.


F. Beri makanan yang
Ga susah di telan.


Karena kita GA tau kalau di tenggorokan juga mengalami cacar.

Karena Bintil cacar air juga bisa muncul di dalam  tenggorokan. Apabila hal ini terjadi, anak Anda akan sulit menelan makanan. Jadi sebaiknya Anda harus memberikan makanan yang lunak sehingga mudah ditelan dan dicerna.

Anda bisa memberikan makanan lunak seperti sup"pan, sup bening bisa membantu menenangkan tenggorokan, sementara sup wortel dan ketumbar diketahui dapat melawan infeksi. Hindari makanan yang  pedas", karena dapat membuat tenggorokan terasa pedih & Jangan sampai makan makanan yang membuat perih. Misalnya makanan yg terlalu banyak garam. Karena akan terjadi perih banget di tenggorokan.


Itulah cara yang tepat untuk menyembuhkan cacar air pada anak.
Walau tidak secara instan tapi seditit membantu untuk menyembuhkan cacar air pada anak.

Semoga bermanfaat
Ikuti terus Info"Penting Selanjutnya di Mukhlas

Terima kasih

Posting Komentar untuk "Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Dan Cara Mengatasinya"

Iklan Bawah Artikel