Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banyak Manfaat Yang Terdapat Pada Kulit Manggis Untuk Kesehatan


Manfaat buah manggis

Siapa sih yang tidak menyukai buah manggis? selain rasanya yang nikmat ternyata buah yang memiliki kulit berwarna ungu ini juga memiliki banyak sekali khasiat. Tidak hanya daging/isinya, kulit manggis juga sangat terkenal akan khasiatnya.
Kulit dari buah yang berwarna ungu ini memiliki kandungan xanthone yang dapat mencegah terjadinya penyakit kronis bahkan penyakit yang belum ditemukan obatnya. Selain itu kulit buah ini juga memiliki kandungan vitamin b kompleks, vitamin c, dan memiliki jumlah kalori yang rendah.
Lantas, apa saja manfaat kulit manggis tersebut? ayok mari, disimak ulasan berikut ini yang telah  ringkas kembali untuk para pembaca semua :


1. Mengobati dan mencegah kanker



Kandungan xanthone yang terdapat di dalam kulit manggis memiliki sifat anti proliferasi danapoptosis yang dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Ada beberapa buah beserta kulitnya yang bagus digunakan sebagai obat untuk mencegah terjadinya kanker, tapi buah dan kulit buah yang dijuluki ratu buah inilah yang paling ampuh digunakan sebagai obat kanker yang alami.


2. Melancarkan sistem pencernaan



Gangguan sistem pencernaan jangan dianggap remeh, karena beberapa penyakit pencernaan sebenarnya dapat menyebabkan gangguan kronis seperti kanker usus dan rusaknya fungsi tubuh secara menyeluruh. Kulit manggis mampu membantu sistem pencernaan agar dapat bekerja secara normal.


3. Mencegah penyakit jantung



Penyakit jantung juga merupakan salah satu penyakit yang mematikan, menjaga jantung agar tetap sehat akan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Kulit manggis yang dikonsumsi secara rutin dan teratur dapat menjadi obat yang ampuh dan alami untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.


4. Mengatasi diare



Selain dapat melancarkan sistem pencernaan ternyata kulit buah yang kaya akan manfaat ini juga bagus digunakan untuk mengatasi diare. Kulit manggis memiliki kandungan senyawa yang bagus untuk membunuh bakteri penyebab terjadinya diare


5. Meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini



Tidak hanya mencegah penyakit kronis seperti jantung dan kanker, kulit manggis juga bisa digunakan untuk meremajakan kulit maupun untuk mencegah penuaan dini. Kulit buah ini memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencerahkan kulit dan mengencangkan kulit dengan melakukan regenerasi pada sel kulit mati. Sel kulit mati dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan kering sehingga terlihat lebih tua.


6. Sistem imun manusia



Imun atau kekebalan tubuh manusia sangat penting untuk melindungi tubuh dari mudahnya penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Antioksidan aktif yang terkandung di dalam kulit buah ini mampu meningkatkan perlindungan tubuh dan membuang radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya.


7. Menurunkan diabetes



Kadar gula darah dalam tubuh merupakan hal yang berbahaya jika melebihi yang dibutuhkan oleh tubuh, karena kadar gula darah yang berlebihan dapat memicu penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke. Kulit manggis mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dengan membawanya keluar melalui air seni.


8. Mengatasi gangguan haid



Kebanyakan wanita yang mengalami haid setiap bulan akan merasakan nyeri dan sakit ketika tiba waktunya datang bulan, hal tersebut kadang membuat anda susah untuk beraktifitas. Selain itu sebagian dari wanita juga pasti ada yang mengalami telat datang bulan/datang bulan tidak teratur, atau darah yang keluar ketika datang bulan tidak normal. Mengkonsumsi kulit manggis ternyata dapat mengatasi gangguan haid.


9. Menurunkan hipertensi



Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat diatasi dengan mengkonsumsi kulit manggis secara teratur. Kulit buah ini mampu menormalkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga menurunkan resiko terkena serangan darah tinggi.


10. Menyembuhkan sariawan



Kulit manggis mengandung vitamin C yang dapat menyembuhkan sariawan. Cara mengolahnya adalah dengan mencuci dan memotong kulit terlebih dahulu, kemudian rebus ke dalam 3 gelas air hingga air di dalam panci tinggal setengah bagian saja. Setelah air hasil rebusan sudah mendingin gunakan untuk berkumur hingga sariawan sembuh.


42 Manfaat dan Khasiat Kulit Manggis Lainnya :



11. Menurunkan LDL (kolesterol jahat dalam darah)
12. Melancarkan sistem pembuluh darah
13. Mencegah terjadinya radang usus besar
14. Menurunkan penyakit GERD (asam lambung yang terangkat di kerongkongan)
15. Mencegah sindrom kelainan usus besar
16. Mencegah terjadinya radang usus kecil
17. Mencegah dan menurunkan resiko terjangkit hiv/aids
18. Meningkatkan mood
19. Meningkatkan stamina
20. Mencegah terjadinya penyakit syaraf
21. Membantu mengatasi Alzheimer dan dimensia
22. Meredakan radang sendi
23. Membantu mengobati TBC
24. Membantu mengobati lupus
25. Mencegah penyakit pada gusi
26. Mencegah terjadinya infeksi pada pernafasan dan paru-paru
27. Menghambat disentri
28. Mengurangi sendi pinggul
29. Mengatasi sesak nafas
30. Meredakan sakit gigi
31. Mengobati keracaunan akibat makanan
32. Meredakan demam
33. Meredakan sakit tenggorokan
34. Mengatasi insomnia
35. Melancarkan buang air kecil
36. Meringankan gejala menopause
37. Mengobati asma
38. Membantu mengobati gangguan hiperaktif
39. Mengatasi alergi pada makanan
40. Membantu proses pembentukan tulang dan gigi pada anak
41. Membantu menurunkan berat badan
42. Memperbaiki sel-sel yang rusak
43. Meringankan penyakit wasir
44. Membantu menyembuhkan luka
45. Mengobati nyeri urat
46. Sebagai antioksidan
47. Anti inflamasi
48. Anti bakteri
49. Antibiotik
50. Anti jamur
50. Anti radang
51. Memperlambat sel leukemia
52. Meningkatkan penglihatan ketika malam dan mencegah proliferasi protein abnormal yang dapat menyebabkan kebutaan


Cara mengolah kulit manggis agar mudah dikonsumsi



Mengerok bagian kulit manggis yang lembek dengan sendok, kemudian haluskan dengan blender atau yang lainnya. Selain itu anda juga bisa merebusnya di dalam air panas, dan konsumsi air hasil rebusan dari kulit manggis ini. Jika ingin rasa yang manis anda dapat menambahkan madu.
Tidak hanya kulit manggis saja yang memiliki sejuta khasiat, masih banyak kulit buah lain yang juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kita, jadi jangan asal buang kulit buah ketika menikmati dagingnya. Ini lah yang dapat admin ringkas sedikit semoga para pembaca semua dapat mencobanya dan mendapatkan manfaat dan khasiat nya, & semoga berhasil.  Salam Sehat…

Posting Komentar untuk "Banyak Manfaat Yang Terdapat Pada Kulit Manggis Untuk Kesehatan"

Iklan Bawah Artikel