Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat minum air hangat bagi kesehatan

Manfaat minum air hangat bagi kesehatan 

Kali ini yang akan kita bahas yaitu manfaat meminum air hangat, karena salah satu kebutuhan pokok manusia, tidak bisa lepas dari yang namanya air, karena manusia mungkin hanya bisa bertahan hidup tanpa meminum air, hanya beberapa hari saja.

Salah satu manfaat minum air hangat adalah melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, meredakan flu, menambah stamina, mengeluarkan racun tubuh, meredakan nyeri sendi, pegal pegal, dan masih banyak lainnya.

Dan yang perlu teman taman juga ketahui bahwa mencampur air hangat dengan garam dapat menyeimbangkan gula darah, menguatkan tulang tulang, menjaga kekebalan tubuh dan masih banyak lainnya.

Dan kita selalu diingatkan untuk mengkonsumsi air yang cukup, sampai delapan gelas perhari, oleh karena itu kita akan bahas manfaat meminum air hangat.

Agar lebih jelasnya simak penjelasan dibawah.

Diantaranya:
Manfaat minum air hangat secara rutin

1. Melancarkan pencernaan

Yah salah satunya yaitu melancarkan pencernaan, pasalnya meminum air hangat mampu melegakan saluran pencernaan, karena organ pencernaan akan terhidrasi lebih baik dan mampu mengeliminasi sampah dengan cepat, bersamaan dengan mengalirnya air hangat yang diminum kemudian melalui perut, sehingga pencernaan menjadi lancar, jadi jangan mengeluh ketika anda mungkin setiap hari melakukan BAB, karena itu adalah salah satu nikmat tuhan yang diberikan kepada kita, coba deh bayangkan anda tidak BAB selama 1 Minggu, maka anda akan merasa sangat tidak enak.

2. Mengatasi sembelit

Sembelit adalah suatu kondisi di mana pergerakan usus menurun atau sulit buang air besar untuk waktu yang agak lama.
Hampir sama, ini juga satu masalah perut yang banyak dialami, penyebabnya adalah kurang mengkonsumsi air, sehingga mengakibatkan penumpukan kotoran pada usus yang mengurangi kerja saluran usus besar, fatalnya ketika penyakit ini semakin parah akan mengakibatkan sakit ketika buang air besar, bahkan dapat mengakibatkan usus buntu.

3. Melegakan flu

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita flu akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk.
Hidung tersumbat dapat diatasi dengan uap hangat dari air panas, dengan meminum air hangat yang cukup anda akan banyak menghirup uap panas dari air tersebut, sehingga dapat melegakan hidung tersumbat dan dapat meringankan flu yang anda derita.
Manfaat meminum air hangat di pagi hari




Tanpa kita sengaja, ternyata minum air hangat pada pagi hari dapat memberikan manfaat yang sangat luar biasa diantaranya:

•    Menurunkan berat badan

Denga minum air hangat, cadangan lemak dalam tubuh dapat diluruhkan, sehinggah membantu menurunkan berat badan, dengan minum air hangat, suhu internal tubuh ikut menurun dan sebaliknya metabolisme tubuh akan meningkat.

•    Melancarkan sirkulasi darah

Karena pada saat bangun tidur sikulasi darah kurang lancar karena kurangnya aktifitas tubuh, olehnya itu pentingnya meminum air hangat pada pagi hari, karena dapat memperlancar sistem saraf dan berdampak pada kelancaran sirkulasi darah.
Manfaat meminum air hangat sebelum tidur




Bukan hanya meminum air pada pagi hari, ternyata meminum air hangat sebelum tidur ternyata memiliki banyak juga manfaat Diantaranya:

•    Menghilangkan racun tubuh

Meminum air hangat sebelum tidur dapat menghilangkan racun dalam tubuh, serta membersihkan sistem tubuh kita.
Jika meminum secara rutin, sistem endokrin dalam tubuh akan teraktivasi dan menyebabkan tubuh berkeringat, sistem endokrin itu adalah sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk memengaruhi organ-organ lain, sehingga racun akan keluar lewat keringat.

•    Meredakan pegal dan nyeri sendi

Meminum air hangat sebelum tidur dapat meredakan sakit, karena tubuh beraktivitas sepanjang hari, akibatnya otot otot jadi kaku, rasa nyeri dan sendi sendi yang sakit, olehnya itu perlu meminum air hangat sebelum tidur, selain tubuh beristirahat, air hangat dapat memperlancar sirkulasi darah dan membuat otot otot menjadi rilex dan merasa segar saat bangun tidur.

•    Menghilangkan stres

Apa sih stres itu? Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan.
Dan stres dapat meningkat ketika tubuh kekurangan air maka dari itu perlu meminum air hangat sebelum tidur, karena sepanjang hari beraktifitas, banyak pikiran dan masalah yang dapat menambah stres, sehingga dianjurkan minum air hangat sebelum tidur, supaya stres atau pun depresi dapat hilang, dan suasana hati menjadi gembira.
Manfaat meminum air hangat untuk jantung




Air hangat juga sangat bermanfaat untuk jantung salah satu contohnya adalah

•    Menguatkan otot otot sekitar jantung

Karena air hangat dapat meningkatkan sirkulasi kapiler dalam tubuh dan mengendurkan otot otot disekitar jantung, dengan minum air hangat maka otot otot jantung akan menguat, dan jika anda sering batuk maka perbanyak meminum air hangat, supaya dapat meredakannya.

•    Mencegah serangan jantung

Salah satu juga manfaat minum air hangat bagi jantung adalah mencegah serangan jantung, serangan jantung ini biasanya terjadi ketika gumpalan darah menghalangi aliran darah ke jantung, sehingga terjadi serangan jantung, dengan mengkonsumsi air hangat secara rutin, maka cadangan cairan dalam tubuh yang dapat membantu melarutkan kandungan garam pada darah. Artinya, darah akan mengandung sedikit garam.
Rendahnya kandungan garam ini membuat darah menjadi semakin encer. Akibatnya, volume darah secara keseluruhan akan mudah untuk disalurkan keseluruh tubuh.
Manfaat meminum air hangat untuk ibu hamil




Dan yang terakhir adalah manfaat air hangat untuk ibu hamil.

•    Mencegah mual

Untuk mencegah Morning sickness atau mual, bisa dengan rutin meminum air hangat, karena dapat mengoptimalkan dekotsifikasi, apa sih itu detoksifikasi, detoksifikasi dari (bahasa Inggris: detoxification, detox) adalah lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun di dalam tubuh, dengan penyerapan, distribusi, biotransformasi dan ekskresi molekul toksin, yang dapat mencegah salah satunya heartburn dan mual.

•    Meredakan sakit kepala

Salah satu penyebab sakit kepala muncul adalah flu, jadi ketika flu anda sembuh akibat uap air hangat, maka sakit kepala akan ikut hilang, sakit kepala sangat sering muncul ketika ibu hamil karena Perubahan hormon bisa menyebabkan sakit kepala saat hamil, baik itu sakit kepala tegang maupun migrain. Karena pada saat hamil sebaiknya tidak mengonsumsi sembarang obat-obatan, olehnya itu gunakan cara alami dengan banyak mengkonsumsi air hangat.

•    Meningkatkan stamina

Dengan meminum air hangat bagi ibu hamil dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga stamina tubuh juga akan ikut meningkat, dan tubuh tidak mudah capek dan lelah, karena ibu hamil tidak boleh terlalu capek, jadi perlu meminum air hangat supaya tetap sehat bugar.

Itulah sebagian manfaat minum air hangat, setelah membaca manfaat manfaatnya diatas, semoga menjadi rajin mengkonsumsi air biasa maupun air hangat, agar dapat terhindar dari berbagai penyakit, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Dan yang harus diperhatikan bahwa air hangat yang dimaksud adalah air yang tidak lebih dari 40° Celsius supaya tidak merusak bibir ataupun tenggorokan, jika tidak, bukannya sehat malah tambah penyakit, dan anda juga dapat memasak terlebih dahulu sampai mendidih kemudian didiamkan sampai dingin, kemudian anda minum.

Mungkin ini yang sempat saya disampaikan, semoga infonya bermanfaat dan bisa dipraktekkan sendiri, supaya merasakan manfaat dari air hangat ini, sekian

Posting Komentar untuk "Manfaat minum air hangat bagi kesehatan "

Iklan Bawah Artikel