Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Unik Manfaat Biji Buah Anggur Bagi Kesehatan Tubuh


Banyak orang yang belum tau kalau biji anggur bisa di manfaatkan ,Setelah makan buah anggur, bagian biji biasanya langsung dibuang. Biji anggur memang memiliki rasa sedikit pahit saat digigit. Karena itu banyak yang tidak makan anggur bersama bijinya. Namun, sebenarnya biji anggur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat biji anggur ternyata sudah banyak dikemukakan 
Manfaat biji buah anggur


Dan ini lah beberapa manfaat dari biji anggur 



1. Menurunkan risiko penyakit jantung
Biji anggur mengandung berbagai jenis antioksidan, antara lain flavonoid, polifenol, dan oligomeric proanthocyanidins complexes (OPC). Flavonoid membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sedangkan OPC dapat menurunkan tekanan darah.
Biji anggur juga mengandung tannin yang memberikan manfaat bagi kesehatan pembuluh darah. Tannin memperkuat dinding pembuluh darah sehingga tidak mudah rusak. Jika pembuluh darah rusak, risiko serangan jantung dapat meningkat.



2. Melawan kanker
Penelitian yang dimuat dalam The Journal of Nutrition menemukan bahwa biji anggur mengandung banyak senyawa antikanker. Senyawa ini terdiri atas beragam antioksidan, enzim, hingga zat yang dapat membunuh sel kanker dan mencegah penyebarannya.
Penelitian ini memang baru dilakukan pada hewan dan masih perlu dikaji lebih lanjut. Meski demikian, senyawa antikanker dalam biji anggur tetap memiliki potensi besar dalam melawan kanker payudara, paru, prostat, serta usus besar.


3. Mencegah aterosklerosis
Manfaat lain yang jarang diketahui dari biji anggur adalah mencegah aterosklerosis. Penyakit ini ditandai dengan penumpukan kolesterol pada pembuluh darah sehingga aliran darah terhambat. Lambat laun, aterosklerosis dapat merusak pembuluh darah dan memicu penyakit jantung.
Kandungan flavonoid pada biji anggur dapat mencegah aterosklerosis dengan menghambat pembentukan kolesterol pada pembuluh darah. Flavonoid juga melindungi pembuluh darah dari radikal bebas yang dapat merusak dinding pembuluh darah.



4. Mempercepat penyembuhan luka
Pada penelitian yang dilakukan terhadap hewan, proanthocyanidin dalam ekstrak biji anggur terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka. Manfaat ini diperoleh dengan mengoleskan ekstrak biji anggur secara langsung ke permukaan kulit yang terluka.
Mekanismenya belum diketahui secara pasti. Namun, para peneliti meyakini bahwa ekstrak biji anggur dapat memicu produksi protein khusus yang dibutuhkan untuk pertumbuhan pembuluh darah baru.



5. Menjaga kekuatan tulang
Flavonoid pada biji anggur dapat menjaga kesehatan tulang dengan cara mempertahankan kepadatan dan kekuatannya. Senyawa ini juga meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang menyusun tulang, otot, kulit, rambut, dan berbagai jaringan lain yang menyusun tubuh.

Kesimpulan nya kita harus bisa mengkonsumsi semua buah dan sayur dan juga olahraga yang teratur 

Itulah beberapa info dari saya dan jangan lupa untuk komentar nya bersama

Posting Komentar untuk "Fakta Unik Manfaat Biji Buah Anggur Bagi Kesehatan Tubuh "

Iklan Bawah Artikel