Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan


Hallo sahabat , pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul 12 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan artikel , yang kami tulis ini dapat anda pahami. Baiklah, selamat membaca.

1.Menghilangkan panu
Flavonoid adalah antioksidan yang kuat. Senyawa ini terdapat pada jeruk nipis. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh anda dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Dan juga asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang handal. Senyawa lain yang ampuh untuk membasmi panu yang terkandung pada jeruk nipis adalah vitamin c.

Dalam mengaplikasikannya sebagai cara untuk menghilangkan panu, anda perlu untuk mencampur jeruk nipis dengan belerang. Belerang mengandung senyawa yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat, virus, penyebab panu dan lainnya. Hal ini dikarenakan adanya zat keratolitik.

Caranya :
1 sdm air perasan jeruk nipis
1 sdm belerang ditumbuk halus
Campurkan hingga keduanya menjadi krim
Oleskan pada panu
Diamkan sampai mengering
Lalu bersihkan dengan air hangat.

2. Mencerahkan wajah
Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin c. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai mencerahkan wajah secara alami.

3. Menurunkan kadar gula darah
Kaya akan vitamin c, jeruk nipis baik untuk penderita diabetes. Dengan glycemic index yang rendah, buah citrus ini dapat meregulasi tubuh dan mengurangi risiko kadar gula darah naik secara berlebihan.

4. Melawan infeksi
Musim flu? Siapa takut! Tambahkan perasan jeruk nipis ke air putihmu sehari-hari untuk menurunkan risiko infeksi. Vitamin c dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat menguatkan sistem imun dan membantu tubuhmu melawan infeksi seperti pilek atau flu. Sudah terlalu merasa tidak enak badan? Jeruk nipis akan membantu tubuhmu sembuh dengan lebih cepat.


5. Melancarkan saluran pencernaan
Meminum air putih dengan jeruk nipis di pagi hari dapat membuat saluran pencernaan semakin lancar, lho. Selain zat asamnya berguna untuk memudahkan pencernaan di mulut, kandungan flavonoid juga menstimulasi zat pencernaan dalam tubuh. Bila kamu sering mengalami konstipasi, zat asam dari jeruk nipis dapat melancarkan sistem ekskresi dan menstimulasi aktivitas usus. Sering mengalami asam lambung? Minum segelas air hangat dengan dua sendok teh jeruk nipis 30 menit sebelum makan agar refluks tidak muncul.


6. Membantu mengobati asam urat
Asam sitrat pada jeruk nipis merupakan faktor penting yang berguna untuk melarutkan asam urat secara alami. Minumlah segelas jeruk nipis setiap pagi.

7. Menurunkan kolesterol
Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.
Caranya :

Belah 1 buah jeruk nipis dan peras airnya
Tambahkan 1 gelas air hangat
Minum di pagi hari saat baru bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.
Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat pada tubuh anda segera berkurang.

8. Memutihkan gigi
Asam dalam jeruk nipis berfungsi sebagai alkali alami agar kadar ph dalam mulut seimbang. Selain jeruk nipis juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi kuning.
Caranya :

Peras 1 buah jeruk nipis
Masukkan dalam segelas air hangat
Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang
Atau :

Siapkan 1 sdm air perasan jeruk nipis
Sejumput garam
Campur hingga berbentuk pasta
Oleskan pada gigi

9. Meredakan radang tenggorokan
Ketika sedang mengalami radang tenggorokan tentu rasanya tidak enak karena anda akan mengalami kesusahan untuk menelan makanan
Caranya :

Peras 1 buah jeruk nipis
Tambahkan 3 sdm madu
Minum 2 kali sehari, sekali minum 2 sdm

10. Menghilangkan bau badan atau ketiak
Jeruk nipis kaya akan vitamin c dan flavonoid. Kandungan lainnya dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori.
Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis sama dengan ketika anda mengaplikasikan deodoran pada ketika anda. Gunakan sesudah mandi sebagai pengganti deodoran.

11. Menyegarkan kulit
Ingin menyehatkan kulit secara alami tanpa mengeluarkan uang banyak? Jeruk nipis mengandung vitamin c dan flavonoid, yaitu antioksidan yang membuat zat kolagen dalam kulit semakin kuat. Meminum air putih dengan sari jeruk nipis dapat menghidrasi dan meremajakan kulit, namun jangan langsung meneteskan jeruk nipis di permukaan kulit setelah terpapar sinar matahari bila tidak ingin kesakitan!

12. Membantu menurunkan berat badan
Siapa yang tidak ingin tubuhnya lebih sehat? Bila kamu ingin menjaga berat badan, citric acid dalam jeruk nipis dapat menaikkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori. Mulailah hari dengan segelas air jeruk nipis sebelum beraktivitas, namun ingat untuk berolahraga dan makan sehat juga bila kamu ingin menjalankan gaya hidup yang lebih baik.

Posting Komentar untuk "12 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan"

Iklan Bawah Artikel