Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Manfaat Jipang Atau Labu Siam


Hallo sahabat , pada artikel yang anda baca kali ini dengan judul 15 manfaat jipang atau labu siam, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan artikel , yang kami tulis ini dapat anda pahami. Baiklah, selamat membaca.


1.Mengobali asam urat

Asam urat adalah masalah kesehatan yang berhubungan dengan nyeri pada sendi – sendi ditubuh. Asam urat banyak menyerang usia tua. Nyeri akibat asam urat juga dapat membuat penderita kesulitan untuk melakukan aktifitas sehari – hari. Untuk mengatasi asam urat anda dapat memilih untuk mengatasinya dengan ramuan herbal. Conroh ramuan herbalnya adalah jipang. Jipang dapat di kupas kulitnya terlebih dahulu kemudian cuci dengan air yang bersih. Selanjutnya di blender hingga halus dan tuangkan pada wadah yang cukup lebar. Tambah air dan remas – remas sebentar baru kemudian disaring untuk memisahkan ampas dan airnya. Jika sudah tuangkan dalam gelas baru kemudian di minum.

2.Mmenurunkan kolesterol
Kolesterol merupakan cairan bening didalam tubuh yang berguna untuk melindungi jantung dalam jumlah yang normal. Jika jumlah kolesterol berlebih di dalam tubuh yang ada malah akan membuat jantung tidak sehat. Kolesterol pada dasarnya sama dengan makanan untuk jantung. Mencegah kolesterol tinggi dan juga menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh dapat dilakukan dengan memakan sayuran jipang. Ada baiknya anda mengolahnya menjadi jus yang dapat diminum sebanyak dua kali dalam sehari.

3.Baik bagi ibu hamil

Kandungan asam folat pada labu siam sangat dibutuhkan bagi wanita yang sedang hamil hal ini dapat mengurangi resiko lahirnya sang bayi dalam keadaan cacat, jadi bagi anda ibu hamil cobalah untuk mengomsumisi labu siam anda dapat mengolahnya menjadi sayuran dan menyatapnya siaat makan siang maupun makan malam, dengan mengomsumsi labu siam sebanyak 100 gram hal ini sudah dapat memenuhi kebutuhan akan asam folat dalam tubuh anda.

4.Mengobati sakit ginjal
Ginjal didalam tubuh berjumlah sepasang dan terletak di sisi kanan dan kiri. Fungsi ginjal didalam tubuh adalah untuk menyaring racun dan mengeluarkannya beserta dengan air seni. Ginjal dapat terganggu kesehatannya jika kerja ginjal terlalu berlebihan didalam tubuh. Kemudian kebiasaan kecil juga dapat membuat ginjal rusak seperti menahan buang air kecil. Jipang dipercaya mampu mengobati sakit ginjal secara alami. Anda dapat memanfaatkan jus dari jipang ini untuk mengatasi sakit ginjal.

5.Menurunkan resiko penyakit jantung
Labu siam mengandung banyak vitamin esensial yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah vitamin c yang cukup banyak di dalam labu siam. Sebagai anti oksidan, vitamin c dapat mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas seperti salah satunya adalah penyakit jantung.

6.Mencegah bayi lahir cacat
Labu siam merupakan sayuran yang juga memiliki kandungan b complex yaitu folat yang cukup baik. Kandungan folatnya yakni 93µg dalam 100 gram labu siam atau setara dengan 23% dari kebutuhan folat yang dianjurkan. Folat sendiri sangat dibutuhkan pada proses pembelahan sel, sehingga pada ibu hamil folat membantu pertumbuhan sang janin dan menghindarkan bayi dari cacat syaraf.

7.Mengandung folat dan vitamin b kompleks lainnya
Buah labu siem merupakan sumber cukup baik vitamin b kompleks, seperti asam folat. 100 g buah segar menyediakan sekitar 93 mg atau 23 % dari kebutuhan folat harian yang direkomendasikan. Folat sangat penting dalam pembelahan sel dan pembentukan dna. Mengkonsumsi labu siem dalam jumlah yang cukup sebelum atau selama awal kehamilan bisa membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

8.Mencegah penyakit kanker
Di dalam labu siam, terdapat kandungan antioksidan yakni apigenin dan juga luteolin. Dua jenis antioksidan ini bermanfaat untuk melawan dan membersihkan radikal bebas penyebab kanker yang ada di dalam tubuh kita.

9.Menurunkan resiko penyakit stroke
Menurut penelitian, jumlah homocysteine yang berlebihan di dalam darah akan meningkatkan resiko terkena penyakit stroke hingga penyakit jantung. Labu siam dapat menjadi sumber folat yang baik bagi tubuh dan membantu menstabilkan homocysteine di dalam darah.

10.Sebagai sumber stamina
Labu siam juga dikenal mengandung potassium yang merupakan salah satu jenis elektrolit yang beguna sebagai sumber stamina tubuh kita. Kandungan potassium di dalam labu siam ini sebanyak 125 mg per 100 gram.

11.Mencegah anemia
Kekurangan vitamin b2 dan zat besi bisa menyebabkan seseorang mengalami kekurangan darah merah atau anemia. Labu siam mengandung dua unsur tersebut yang mampu merangsang produksi sel darah merah dan hemoglobin di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

12.Sebagai anti-aging (penuaan dini)
Labu siam merupakan sayuran dengan kandungan flavonoid yang cukup baik. Flavonoid di dalam labu siam dapat membantu tubuh untuk melawan zat – zat berbahaya seperti reactive oxygen species (ros) yakni zat yang merupakan turunan dari oksigen namun bersifat reaktif sehingga bisa membahayakan bagi tubuh, dan radikal – radikal bebas penyebab penuaan dini dan penyakit berbahaya lainnya.

13.Menyembuhkan batu ginjal
Labu siam, khususnya daunnya dapat digunakan dalam pengobatan batu ginjal. Hal ini seperti diungkap dalam hasil sebuah penelitian yang dilakukan di universitas north florida. Selain itu, daun labu siam juga berguna untuk menurunkan darah tinggi.

14.Menjaga kadar koleseterol
Labu siam sama halnya dengan jenis labu lainnya, adalah salah satu sayuran yang mengandung kalori yang sangat rendah. Labu siam hanya menyediakan kalori per 100 gramnya, serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Namun, sayuran ini kaya akan serat makanan, zat antioksidan, mineral, dan vitamin. Makanan rendah kalori dan sayuran yang kaya serat seringkali direkomendasikan oleh ahli para diet untuk menjaga kadar kolesterol dan menurunkan berat badan.

15.Sumber mineral bagi tubuh
Berbagai mineral seperti potassium, zat besi, fosfor dan mineral lainnya dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem kekebalan, menjaga kekuatan dan kepadatan tulang dan gigi, mempertahankan kesehatan metabolisme. Dan, berbagai mineral tersebut ternyata juga terdapat didalam labu siam.

Posting Komentar untuk "15 Manfaat Jipang Atau Labu Siam"

Iklan Bawah Artikel