Gejala Dan Penyebab Penyakit Usus Buntu

Gejala Dan Penyebab Penyakit Usus Buntu 


Usus buntu atau caecus, adalah bagian usus normal yang memiliki bentuk seperti cacing sehingga disebut juga dengan umbai
cacing. Sesuai dengan namanya, usus buntu merupakan istilah yang menggambarkan bahwa usus itu memang memiliki ujung yang buntu, tidak seperti usus lainnya yang ujungnya berlubang sampai anus. Usus buntu juga disebut sebagai apendix, secara normal terletak di bagian perut kanan bawah.

GEJALA USUS BUNTU

Gejala utama penyakit usus buntu adalah nyeri pada perut. Rasa nyeri tersebut dapat berawal dari pusar, lalu bergerak ke bagian kanan bawah perut. Namun, posisi nyeri dapat berbeda-beda, tergantung usia dan posisi dari usus buntu itu sendiri. Dalam waktu beberapa jam, rasa nyeri dapat bertambah parah, terutama saat kita bergerak, menarik napas dalam, batuk, atau bersin. Selain itu, rasa nyeri ini juga bisa muncul secara mendadak, bahkan saat penderita sedang tidur. Selain tanda-tanda di atas, gejala terkena usus buntu yaitu seperti perut kembung, kehilangan nafsu makan, mual, diare, dan demam.

PENYEBAB PENYAKIT USUS BUNT

Penyebab utama penyakit usus buntu yaitu karena rongga usus buntu mengalami infeksi. Dalam kondisi ini, bakteri berkembang biak dengan cepat sehingga membuat usus buntu meradang, bengkak, hingga bernanah dan menyebabkan pecahnya apendiks atau usus buntu. Selain itu, usus buntu juga terjadi karena peradangan usus akibat penumpukan makanan tertentu yang tidak hancur. Namun masih Banyak lagi faktor yang diduga membuat seseorang mengalami radang usus buntu, di antaranya: 1. PENYUMBATAN USUS BUNTU

Penyebab utama usus buntu ialah adanya penyumbatan di usus buntu. Penyumbatan ini kemudian dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri. Hal ini lama kelamaan dapat mengakibatkan usus buntu jadi meradang, bengkak, dan dipenuhi dengan nanah. Penyumbatan ini pun bisa bersifat sebagian atau seluruh menutupi saluran usus buntu.

2. MAKANAN RENDAH SERAT

Penyumbatan usus buntu yang kemudian meradang bisa saja terjadi akibat penumpukan makanan tertentu yang tidak hancur saat dicerna. Misalnya makanan cepat saji, yang tinggi karbohidrat dan rendah serat.

3. FAKTOR GENETIK

56 persen penyebab penyakit usus buntu disebabkan karena faktor genetik. Hal ini terkait dengan antigen leukosit manusia dan golongan darah. Mereka juga yang memiliki Golongan darah A akan lebih mudah terkena usus buntu daripada Golongan darah O.


Jika anda sudah mengalami gejala seperti di atas, segerala memeriksakan ke dokter karena jika sudah terkena penyakit usus buntu terlalu parah, salah satu tindakan yang dilakukan adalah operasi.

Untuk itu, mulai dari sekarang anda harus lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan menerapkan pola hidup sehat jika ingin terhindar dari berbagai macam penyakit, slah satunya usus buntu.

semoga bermanfaat!

0 Response to "Gejala Dan Penyebab Penyakit Usus Buntu"

Post a Comment

Silakan berkomentar di kesehatanp1.blogspot.com Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar yang melanggar peraturan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel