Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19


Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 - Pada saat ini kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online di rumah.Kegiatan pembelajaran online dilakukan dengan memanfaatkan teknologi khususnya internet.Pembelajaran online dilakukan dengan menggunakan sistem pembelajaran jarak jauh,dimana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tidak dilakukan secara tatap muka.Disini kami akan membahas mengenai Cara Meningkatkan Motivasi Belajar siswa.

Pembelajaran saat ini dilakukan dengan menggunakan media,baik media cetak ataupun non cetak .Dalam pembelajaran online pasti ada dampak positif atau negatifnya. Dampak positifnya adalah kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja serta jangkauan siswa yang lebih luas.Dampak negatifnya adalah siswa menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pikirannya,sehingga kegiatan pembelajaran menjadi kurang menarik dan membosankan. 

Kemudian ketika saya bertanya kepada guru-guru di sekolah, banyak siswa yang kurang motivasi belajar di masa pandemi.Hal ini terlihat dari jarangnya mengerjakan tugas tepat waktu dan sebagainya. Oleh karena itu,siswa perlu diberikan motivasi yang kuat untuk belajar agar dapat memiliki prestasi belajar. Disini kami akan membahas bagaimana cara meningkatkan motivasi saat pandemi COVID-19.Guru merupakan faktor dominan dalam menentukan kualitas pembelajaran. 

Oleh karena itu,sebelum memulai pembelajaran, biasanya guru akan menanyakan terlebih dahulu kepada siswa tentang kesan dan pesan selama pembelajaran online di rumah.Hal ini dimaksudkan sebagai pendekatan kepada siswa agar tidak merasa bosan saat belajar.

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19

Memilih Metode Pembelajaran yang Tepat

Guru dituntut untuk dapat memilih metode pembelajaran yang tepat untuk mengajar.Jika guru dapat memilih metode pembelajaran yang tepat, maka tujuan pembelajaran akan lebih mudah tercapai.Oleh karena itu,guru harus lebih kreatif dan inovatif saat menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa agar siswa tidak mudah bosan saat pembelajaran berlangsung.

Memaksimalkan Fasilitas Belajar

Dalam proses pembelajaran,penggunaan fasilitas belajar yang baikjuga menambah motivasi belajar anak. Oleh karena itu, pihak sekolah diharapkan memberikan upaya maksimal untuk mendukung pembelajaran online bagi guru yang mengajar,seperti penyediaan komputer, wifi atau internet dan lain-lain.

Memanfaatkan Media

Dalam hal ini guru dapat membuat atau menggunakan media pembelajaran berupa video pembelajaran, animasi,powerpoint,poster dan lain sebagainya untuk menunjang pembelajaran online.

Tips Orang Tua Membangun Motivasi Belajar Anak

Kondisi pandemi banyak mempengaruhi kehidupan manusia, termasuk pola pendidikan dan pola asuh atau pengasuhan anak.Ada juga anak-anak yang mengalami kebosanan karena metode pendidikan online saat ini, yang mengurangi motivasi mereka untuk belajar.

Psikolog Indonesia mengatakan metode online menjadi tantangan bagi mereka yang berkecimpung di dunia pendidikan dan parenting.Hal ini, kata dia,tidak lepas dari banyak faktor antara lain keterbatasan penguasaan gadget dari pihak guru, materi pembelajaran yang kurang variatif dan menarik hingga kurangnya kontrol penggunaan gadget pada anak hingga intervensi yang salah dari orang tua.

Terkadang semangat belajar bisa naik turun dengan suasana hati dan kondisi lingkungan. Apalagi masa kuliah dinilai lebih lama dari pada masa SMA dengan bobot materi yang lebih berat.Belum lagi masalah pribadi atau keluarga yang bisa mempengaruhi semangat belajar Anda. Anda harus menjaga motivasi Anda tetap tinggi. Bahkan jika itu turun, segera Anda akan dapat dengan cepat mengangkatnya kembali. Cari tahu cara meningkatkan motivasi belajar siswa pada artikel berikut.

Tetapkan Niat Anda

Kembalikan semua yang Anda lakukan pada niat, juga ceramah Anda. Niatkan kuliah ini dilakukan hanya demi mendapatkan ridho-Nya.Dengan demikian Anda akan merasa bahwa menjalankan kuliah adalah bagian dari ibadah. Anda bertanggung jawab tidak hanya kepada diri sendiri dan orang tua Anda, tetapi juga langsung kepada Sang Pencipta. 

Pahami Tujuannya

Apa tujuan kamu belajar?Itu adalah pertanyaan yang sering kita dengar dari seorang guru. Jika sudah menemukan jawabannya maka sangat mudah buat Anda meningkatkan motivasi. Karena pihak yang menjadi dasar kuliah adalah Anda dengan tujuan untuk kebaikan Anda sendiri.

Manajemen Waktu

Anda harus mengatur waktu belajar harian, istirahat, bermain,olahraga,dan kegiatan lainnya.Yang terpenting adalah Anda harus berkomitmen untuk konsisten menjalankan jadwal kegiatan. Konsistensi Anda akan memastikan bahwa Anda akan selalu punya waktu untuk belajar setiap hari.

Bentuk Kelompok Belajar

Belajar bersama akan menyenangkan. Usahakan ada beberapa kelompok belajar yang anggotanya terdiri dari teman kuliah yang berbeda.Ini akan sangat berguna untuk memberikan berbagai suasana yang berbeda. Manfaat lainnya adalah Anda mendapatkan berbagai informasi dan wawasan serta pengetahuan yang beragam dari teman-teman kelompok belajar Anda.

Hadiahi Diri Sendiri

Ini adalah apresiasi sederhana terhadap diri sendiri. Dengan memberikan reward pada diri sendiri, diharapkan Anda akan lebih termotivasi untuk terus meraih hasil memuaskan lainnya. Terus beri penghargaan pada diri sendiri, ketika target kecil tercapai.

Banyak Membaca Profil Siswa Berprestasi

Profil mahasiswa berprestasi bisa berasal dari kampus sendiri atau dari universitas lain.Bisa berasal dari universitas di dalam atau luar negeri.Dengan membaca profil mahasiswa berprestasi,diharapkan dapat termotivasi untuk memiliki prestasi baik di bidangnya maupun dari sisi lain. Apalagi jika prestasi tersebut merupakan prestasi internasional.

Banyak Membaca Tentang Dunia Kerja dan Dunia Bisnis

Banyak membaca tentang dunia kerja dan dunia bisnis akan membuka wawasan Anda. Anda akan mendapatkan begitu banyak hal yang menarik bagi Anda. Itu membuat Anda ingin segera lulus tepat waktu. Selain cepat lulus, tentunya ia juga ingin segera memasuki salah satu dunia bisnis.

Ciptakan Suasana Belajar yang Kondusif

Suasana belajar yang mendukung merupakan salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar. Yang pertama adalah mulai dari meja Anda.Atur dan atur meja Anda agar lebih nyaman dan menarik sesuai dengan keinginan Anda saat belajar. Hal selanjutnya adalah menata kamar Anda agar lebih nyaman untuk Anda tinggali.

Selalu Luangkan Waktu Untuk Jeda atau Istirahat

Otak dan tubuh Anda bukanlah mesin. Setinggi apapun semangat belajarmu, selalu luangkan waktu untuk istirahat sejenak.Dengan istirahat,tubuh dan pikiran bisa lebih rileks. Anda bisa kembali berpikir dan belajar lebih segar setelah istirahat. Istirahat tidak harus dengan tidur atau menghabiskan waktu sendirian di tempat tidur. Berjalan-jalan sebentar atau sekadar menyantap makanan favorit di luar rumah sudah cukup untuk menyegarkan diri.

Hal yang harus Anda ingat dalam menjaga motivasi belajar adalah sebagian besar dorongan itu datang dari diri Anda sendiri dan bukan dari orang lain di sekitar Anda. Ini berarti bahwa apa pun yang terjadi adalah murni tanggung jawab Anda.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Cara Meningkatkan Motivasi Belajar, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Motivasi Belajar"

Iklan Bawah Artikel