Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Sukses Bisnis Properti bagi Pemula

Bisnis properti selama ini terkesan sebagai sebuah bisnis yang benar-benar prospektif. Oleh karena itu, tidak sedikit dari mereka yang ingin lebih mendalami tips bisnis properti yang tujuannya agar mereka pun dapat menangguk profit dari sektor ini. Hanya saja, faktanya bidang usaha yang satu ini termasuk susah-susah gampang.

Apa itu Bisnis Properti

Bisnis properti identik dengan modal yang sangat besar yang bahkan bisa dalam ukuran ratusan milyar rupiah. Sehingga bila kita melakukan kesalahan sedikit saja maka kerugian besar pun terbayang di depan mata. Anda yang tertarik dengan bisnis properti tentu tak menginginkan hal itu terjadi, bukan? Lebih-lebih jika modal yang digunakan pun minim. Oleh karena itu, Anda harus paham dan belajar cara merintis bisnis properti namun menggunakan modal yang terbatas untuk meraih kesuksesan di sektor padat modal ini.

Awali dengan Properti yang ada

Setiap dari kita tentu berharap akan menemukan rekan bisnis dengan modal besar yang akan mendukung merintis bisnis properti kelas atas. Umpamanya saja untuk mengembangkan apartemen, mengembangkan perumahan, dan yang sejenisnya. Akan tetapi, jika memang belum mendapatkan rekan bisnis seperti itu, bisnis properti tetap dapat dimulai. Apabila modal yang dimiliki memang minim, kiat bisnis properti yang dapat dilakukan yaitu merintisnya dengan properti yang ada. Contohnya, Anda dapat menyulap rumah sendiri menjadi kamar-kamar kos, garasi disewakan untuk berjualan, dan masih banyak ide-ide lain.

Broker properti

Kiat bisnis properti yang juga menarik saat modal yang Anda miliki terbatas yaitu membantu menjualkan properti milik orang lain. Jadi di sini posisi Anda adalah menjadi perantara. Margin yang ditentukan pada harga rumah menjadi keuntungan yang akan Anda dapatkan. Untuk tips bisnis properti yang satu ini kuncinya adalah memperbanyak relasi kemudian juga belajar berkomunikasi dengan baik sehingga konsumen akan tertarik dengan properti yang sedang Anda jual. Ada banyak perusahaan profesional di bidang broker properti yang bisa diikuti sebagai sarana berlatih dan belajar menguasai bisnis properti.

Bergabung dengan program pendanaan properti

Saat ini, Anda pun dapat terjun ke dunia properti dalam bentuk pendanaan kolektif. Sudah tersedia banyak saluran yang memberikan tempat untuk pemilik properti maupun para investor. Mekanisme yang digunakan hampir sama dengan membeli saham biasa yaitu Anda dapat membeli saham properti dalam jumlah tertentu yang biasanya dalam hitungan persen. Laba dapat diperoleh dari menyewakan atau menjual properti yang dibangun tersebut. Ini menjadi solusi paling ideal bagi mereka yang kebetulan hanya memiliki modal terbatas namun ingin menekuni bisnis yang satu ini.

Layanan pengelolaan Rumah Kos

Anda pun dapat terjun dalam bagian lain dari bisnis properti diantaranya adalah layanan pengelolaan rumah kos. Tak setiap pemilik rumah kos paham teknik mengelola rumah kos dan memiliki waktu untuk terus stand by. Anda dapat menawarkan diri sebagai pengelola rumah kos yang akan menyediakan apa saja kebutuhan pemilik. Rumah-rumah kos biasanya banyak dijumpai di kawasan sekolah atau perguruan tinggi. Juga di kawasan kawasan industri yang menyerap ribuan pekerja. Dengan menawarkan diri menjadi pengelola kepada pemilik rumah kos, Anda secara langsung sudah belajar salah satu sisi dari bisnis properti.

Website jual beli properti

Apabila Anda memang sudah kadung nyaman sebagai perantara properti, kiat bisnis properti selanjutnya ini layak untuk diwuudkan, ialah mengembangkan sebuah website khusus properti. Website itu bisa menampilkan beberapa properti yang dijual, spesifikasi dan juga harganya. Dengan keberadaan situs properti tersebut tentu akan membuat Anda terlihat lebih profesional. Dengan memiliki website maka target pasar yang bisa diraih pun akan lebih luas mencapai seluruh Indonesia bahkan global.

Amati Trend Properti yang sedang Berkembang

Apabila Anda hendak membeli properti sebagai sebuah bisnis atau hanya bertindak sebagai broker, amati tren properti yang sedang berkembang. Amati dengan teliti tren properti yang bagaimana yang sedang digemari masyarakat. Itu mungkin bisa berupa apartemen yang mengusung arsitektur minimalis atau tempat tinggal dengan desain industrialis yang modern. Perlu diketahui jika tren properti dapat berubah tiap tahunnya.

Pantau terus harga properti

Sudah menjadi “hukum alam” jika harga properti cenderung naik dengan berjalannya waktu. Sehingga, harga apartemen tahun ini tentu akan lebih murah dibanding harganya tahun depan. Terus memantau harga terbaru properti dengan mengunjungi beberapa website properti atau berita properti dari situs besar agar Anda menjadi paham besarnya kenaikan harga maupun berbagai faktor yang menjadi penyebabnya.

Perhatikan letak dan Akses Bisnis

Apabila Anda bermaksud membeli sebuah properti sebagai bagian dari bisnis atau investasi, hal paling penting yang selalu diajarkan oleh para profesional adalah mempertimbangkan lokasi dan akses jalannya. Yang ideal tentunya properti itu berada di lokasi strategis, kemudian akses jalan ke lokasi pun mudah untuk dijangkau dengan moda transportasi apapun. Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau akan menjadikan properti tersebut lebih gampang untuk difungsikan sebagai lahan bisnis maupun diperjual-belikan lagi.

Paham hukum agraria

Dalam menggeluti bisnis properti, Anda harus tahu hukum khususnya yang berhubungan dengan dokumen tanah. Jika Anda tak paham tentang peraturan yang berlaku, kemungkinan besar Anda akan menemui banyak kendala di tengah jalan. Tak perlu sekolah formal, Anda dapat belajar materinya dari berbagai situs yang memang khusus membahas masalah tersebut. Hukum Agraria termasuk cabang ilmu hukum. Hukum agraria mempunyai pengertian luas. Bahwa kita membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan jika “Agraria” menyangkut masalah pertanahan dan atau tanah pertanahan ataupun hal ihwal kepemilikan atas tanah. Lebih gampangnya lagi, Anda pun bisa membeli buku atau bentuk lain yang memang berisi tentang seluk-beluk properti dilihat dari aspek hukum agraria.

Kemampuan Menganalisa

Untuk bisa sukses di bisnis properti, agar dapat menjadi pengembang atau flipper yaitu orang yang membayar properti begitu unitnya laku, untuk itu Anda harus memiliki kemampuan menganalisa yang tajam. Analisis mengenai seluk beluk properti ini dapat Anda asah melalui berbagai jalan, misalnya rutin membaca berita maupun berlatih menjual properti sebagai seorang broker. Kemampuan analisa terkait properti ini akan makin tajam dengan berjalannya waktu tentu bila terus berlatih dan belajar. Dengan memperhatikan berbagai tips bisnis properti di atas, Anda bisa mulai mempraktikkannya dan mulai mencetak keuntungan melalui bisnis prospektif yang satu ini. Prinsipnya, agar dapat meraih kesuksesan di bisnis ini, Anda wajib punya karakter tak mudah menyerah dan senantiasa terus belajar mengasah pengetahuan terkait bisnis properti. Tak cuma itu, poin lain yang mesti Anda jalankan untuk mengembangkan bisnis properti yaitu memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap biaya pemasukan dan pengeluaran yang ada. Wajar saja, sebab bisnis ini merupakan bisnis yang mempunyai taraf resiko tinggi serta bisnis yang mempunyai perputaran uang sangat besar.

Posting Komentar untuk "Kunci Sukses Bisnis Properti bagi Pemula"

Iklan Bawah Artikel