Keistimewaan Indonesia

Keistimewaan Indonesia

Keistimewaan Indonesia Pasti kalian bertanya – tanya bukan ?

Apanya sih yang istimewa dari Indonesia ini ? Apanya yang hebat emang nya ? Nah kalau kalian penasaran, mending langsung baca sampai habis yuk tulisan ini !
Indonesia merupakan negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku. Selain itu, Indonesia adalah negeri dengan sejuta keindahan, dari mulai sabang sampai Merauke. Indonesia penuh dengan sejuta cerita di mulai dari duka maupun suka. Indonesia negeri yang penuh dengan ragam bahasa, adat istiadat, dan Indonesia penuh dengan pulau-pulau yang indah. 
Sebagai orang yang dilahirkan dan dibesarkan di Indonesia, kita pasti mengenal semua tentang Indonesia. 

Tanah Air Indonesia adalah tempat dimana leluhur dan aku dilahirkan.

Negara dengan penuh kedamaian serta toleransi. Memiliki tanah yang subur, kaya akan keindahan sera beragam budaya. Sehingga Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda beda tetapi tetap satu jua. Teman - teman sekarang kita berada di bulan Agustus dimana Negara Indonesia Merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke 74. Mari kita sama – sama berpikir dan merenung “apa yang sudah kita perbuat untuk negara Indonesia Tercinta ini”, Sudah merdeka kah kita ?.... ya kita sudah merdeka. Namun kita sebagai generasi muda yang mempunyai tanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan inilah yang penting. Kalau kita lihat begitu pesat perkembangan yang terjadi di negara kita Indonesia tercinta ini, dari sejarah yang kita pelajari bagaimana kegigihan para pahlawan untuk berjuang mencapai kemerdekaan sampai saat ini dimana zaman bertambah maju dengan era teknologi dan informasi.

Indonesia negeri yang sangat kaya dan sangat berpotensi, dari sumber daya alam maupun budayanya. Indonesia Negara yang memiliki bahasan yang terbanyak di dunia. Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia mempunyai banyak kekayaan alam yang sangat luar biasa, yakni hutan yang sangat luas yang mempunyai keanekaragaman hayati dan plasma nutfah terlengkap di dunia.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni). Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia. 
Indonesia yang sudah maju, kita jangan terbuai dengan kata - kata itu. Masih banyak persoalan yang kita harus hadapi, seperti apa yang sering kita lihat di media massa baik itu televisi, surat kabar dan sosial media. Berita yang santer diberitakan masalah “Korupsi dan Narkoba” ya..... setiap hari kita selalu dengar di media Tersebut baik itu pagi, siang bahkan malan hari. Masalah korupsi, teman – teman sudah mengetahui bukan apa itu korupsi??......Ya, korupsi itu menggunakan fasilitas atau uang negara untuk keperluan pribadi. Teman - teman sadar bukan???....korupsi itu menjajah negara kita sendiri, bagaimana tidak uang yang seharusnya dapat digunakan untuk membangun negara tercinta ini hanya dinikmati orang – orang yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan pribadi. Selain masalah korupsi yang sedang marak saat ini adalah “Narkoba” sampai bapak Presiden Kita Joko Widodo memberlakukan “Darurat Narkoba” untuk Indonesia. Sedih sekali rasanya teman – teman, mau jadi apa negara tercinta inin bila generasi mudanya terpengaruh oleh Narkoba. Padahal Narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan dan kejayaan Bangsa Indonesia. Bahaya narkoba adalah merusak organ tubuh, merusak otak dan cara berpikir, merusak generasi muda. kita sebagai generasi muda supaya terhindar dari narkoba adalah: selalu bergaul dengan teman yang baik, mengetahui bahaya narkoba sejak dini, dan jangan sekali – kali mencoba narkoba.
Selain masalah di atas yang tidak kalah penting juga dalam masalah sampah plastik. Sampah plastik di Indonesia semakin tahun semakin bertambah. Padahal sampah plastik itu butuh bertahun tahun untuk dapat terurai dan hancur. Ya.....memang terdengar mudah untuk pembuangan sampah plastik tinggal di bakar atau di tanam dalam tanah. Namun tidak seperti itu caranya. Kalau seperti itu caranya tanah dan udara di negara tercinta Indonesia dapat tercemar, belum lagi di gabung dengan asap kendaraan bermotor dan mobil yang setiap hari bertambah volume kendaraan. Jadi, mari kita kurangi penggunaan sampah plastik agar negara ini menjadi negara yg sehat, nyaman dan aman.
Teman – teman kita sebagai warga negara Indonesia yang baik pasti mempunyai harapan dan cita – cita yang tinggi untuk negara Indonesia tercinta ini.

Aku berharap negara Indonesia menjadi Negara yang tenteram, damai dan sejahtera. Marilah perbedaan yang ada menjadi modal untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Terlebih untuk wakil rakyat yang hebat dan terhormat, sudah di pilih rakyat untuk melaksanakan amanah membawa Indonesia menjadi Negara yang Jaya, makmur dan merdeka , berilah contoh kepada kami sebagai generasi muda “Menjadi wakil rakyat yang baik”. Aku ingin membuat orang – orang yang berbuat korupsi menjadi sadar bahwa apa yang diperbuat merupakan kesalahan dan dosa besar, karena memakan hak nya rakyat untuk kepentingan pribadi. Aku ingin mensosialisasikan bahaya narkoba pada warga negara Indonesia, terlebih pada generasi Indonesia, supaya Indonesia bebas dari Narkoba. Kita sebagai warga negara Indonesia menginginkan Negara Indonesia Ini menjadi negara yang sejahtera, damai, tenteram dan bersatu, dengan demikian aku yakin atas izin –Nya kita dapat membangun Indonesia menjadi lebih Jaya.

Marilah kita sebagai generasi muda selalu berbuat yang bermanfaat untuk kebaikan Negara kita Indonesia.

Menurutku punya mimpi untuk Indonesia adalah wajib hukumnya buat kita anak-anak Indonesia, karena nanti 20 tahun lagi kita yang akan menjadi orang-orang dewasa dan negeri kita ini akan tergantung kepada kita. Jadi, kita harus memikirkan nasib negara kita tercinta ini. Kalau kita mempunyai mimpi untuk Indonesia berarti kita memikirkan nasib negara ini. Kalau kita punya mimpi-mimpi yang hebat dan berusaha untuk meraihnya, nanti Indonesia juga akan menjadi negara yang hebat! Misalnya kalau kita punya mimpi menjadi arsitek, dokter, atau pengusaha, lalu kita berusaha untuk meraihnya dan nanti kita jadi arsitek yang Handal, dokter yang berprestasi, pengusaha yang terkenal di seluruh dunia, maka Indonesia akan jadi negara yang maju, karena orang-orangnya hebat! Nah, bagaimana teman-teman, apakah sudah terbayang mimpimu untuk Indonesia? Aku berharap seluruh anak-anak Indonesia punya mimpi untuk Indonesia dan bisa meraihnya, aamiiin!
Kenapa aku punya mimpi seperti itu? karena aku melihat keadaan anak-anak yang tinggalnya di pelosok Indonesia seperti ini ceritanya,
Beberapa bulan yang lalu, aku tidak ingat di bulan apa, aku menonton acara televisi yang membuatku tahu kalau ada banyak teman-teman kita, anak-anak Indonesia juga, masih kesulitan untuk bersekolah. Acara di TV itu menayangkan cerita dari anak-anak di pelosok Indonesia dan guru-guru yang datang dari Jakarta untuk mengajar di sana. Sayangnya acara itu tidak rutin ditayangkan di TV, tapi untungnya aku masih bisa menonton acara itu di Youtube. Ternyata banyak sekali daerah pelosok Indonesia yang anak-anaknya kesulitan untuk bersekolah. Anak-anak dari daerah pelosok Indonesia itu bukannya sulit bersekolah karena tidak punya biaya atau tidak punya seragam atau tidak punya alat-alat tulis. Mereka kesulitan bersekolah karena sekolah mereka berada jauh sekali dari rumah, dan itu adalah satu-satu nya sekolah di daerah mereka. Mereka ke sekolah harus berjalan melewati bukit tanpa kendaraan apa pun, hanya berjalan kaki. Tidak pakai motor, sepeda, atau mobil. Aku gak bisa membayangkan bagaimana capeknya mereka, padahal aku di sini saja sering ribut capek kalau jalan ke sekolah yang jaraknya tidak jauh dari rumahku.
Selain karena jarak sekolah mereka yang jauh, anak-anak di pelosok Indonesia itu juga kekurangan guru. Untung saja masih ada guru-guru yang baik sekali hatinya yang mau jauh-jauh dari Jakarta untuk mengajar mereka di daerah pelosok seperti itu. Nanti, sebelum aku menjadi Menteri Pendidikan Republik Indonesia, aku ingin juga menjadi guru di pelosok seperti kakak-kakak di acara itu. Oh iya, selain jarak yang sangat jauh dan kekurangan guru, anak-anak di pelosok itu juga bersekolah di sekolah yang bangunannya tidak bagus. Beberapa daerah yang aku lihat di acara itu, sekolahnya hanya pakai atap seng, tidak ada kaca jendelanya, tidak ada pintunya, tidak ada lantai keramiknya. Ada yang lebih parah lagi, salah satu sekolah SMA di pelosok itu tidak punya kursi, jadi murid-murid SMA itu harus membawa kursi dari rumah, setiap hari. Sebenarnya setiap menonton acara itu aku selalu ingin menangis, tapi tidak pernah bisa keluar air mataku, karena Ibuku selalu menemaniku menonton, jadi aku malu kalau menangis dilihat Ibu.
Nah, itu lah yang aku tahu tentang keadaan anak-anak di pelosok Indonesia. Jauh sekali berbeda dengan aku di sini, dan juga teman-teman pasti tidak seperti itu kan? Tapi aku jadi bingung, kenapa kondisi anak-anak di Pelosok itu harus berbeda dari kondisi anak-anak di sini? Menurutku seharusnya tidak boleh berbeda seperti itu, karena anak-anak di pelosok itu juga generasi penerus bangsa seperti kita kan? Mereka nanti akan menjadi orang-orang dewasa yang akan memikirkan nasib negara ini. Seharusnya mereka bisa bersekolah dengan mudah, supaya bisa jadi orang-orang dewasa yang hebat. Kata Ibuku, keadaan teman-teman kita yang di pelosok itu karena belum banyak orang yang mau mengurus daerah pelosok itu. Makanya, aku punya mimpi biar bisa menjadi Menteri Pendidikan Republik Indonesia. Supaya semua anak-anak, generasi penerus bangsa Indonesia, bisa bersekolah dengan baik, walaupun anak-anak yang tinggalnya di pelosok. Kalau aku jadi Menteri Pendidikan Republik Indonesia, tidak boleh ada anak-anak yang berjalan jauh sekali untuk ke sekolahnya, tidak boleh ada anak-anak yang harus membawa kursi sendiri dari rumahnya masing-masing, tidak boleh ada sekolah yang kekurangan guru. Agar anak-anak bisa sekolah dengan baik, punya mimpi-mimpi yang hebat, bisa meraih mimpi-mimpi mereka, dan menjadi orang-orang dewasa yang hebat nantinya.
Indonesia juga memiliki hutan bakau terbesar di dunia, yang memiliki tanaman bakau yang sangat bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut atau abrasi. Selain itu, Indonesia juga memiliki kekayaan laut dengan spesies ikan yang sangat banyak. Untuk spesies ikan hiu, Indonesia memiliki 150 spesies ikan hiu terbanyak di dunia.  
Indonesia juga memiliki terumbu karang yang sangat banyak dan indah. Indonesia juga mempunyai cadangan gas alam yang terbesar di dunia, Indonesia juga Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia). Indonesia Negara muslim terbesar di dunia. Indonesia Negeriku tercinta adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya perang dunia II pada tahun 1945. 
Itu lah mimpiku untuk Indonesia. Aku berdoa kepada Tuhan supaya bisa meraih mimpiku. Selain itu, aku juga akan rajin belajar dan tidak malas untuk ke sekolah supaya bisa meraih mimpiku itu. Semoga aku bisa meraih mimpiku, aamiiin! Semoga teman-teman juga bisa meraih mimpi teman-teman semua ya! Semoga seluruh anak-anak Indonesia bisa meraih mimpi-mimpinya, di mana pun berada. 
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Keistimewaan Indonesia"

Post a Comment

Silakan berkomentar di kesehatanp1.blogspot.com Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar yang melanggar peraturan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel