Universitas Indonesia

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia Salah Satu Universitas terbaik di Indonesia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, hallo guys apa kabar kalian semua hari ini ? Saya harap kalian semua itu baik baik saja ya ! Sebentar lagi kalau bagi anak SMA yang sudah duduk di bangku kelas 12, pasti sebentar lagi akan menghadapi yang namanya USBN dan UNBK, dan setelah itu untuk masuk ke dunia perkuliahan yaitu dunia yang sebenarnya di luar sana adalah melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan MANDIRI. Siapa disini yang bercita – cita untuk masuk ke dalam perkuliahan atau universitas yang bagus ? Akreditasi A ? Atau universitas terkemuka dan terkenal di Indonesia.
Universitas Indonesia atau UI merupakan sebuah perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. Universitas Indonesia merupakan kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas dan telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni. Cikal bakal UI bermula pada tahun 1849 dan UI merupakan representasi institusi pendidikan dengan sejarah paling tua di Asia. Kampus ini didirikan pada tahun 1849 (sebagai Dokter-Djawa School Batavia) dan pada tahun 1954 sampai dengan sekarang dikenal sebagai Universitas Indonesia.
Universitas Indonesia atau UI merupakan salah satu kampus top di Indonesia. Bahkan masuk dalam jajaran Universitas Terbaik Dunia (World University Rankings) 2019 versi Times Higher Educations (THE). UI selalu menjadi incaran para lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. 
Ketika ingin meneruskan studi, calon mahasiswa kerap menemui kendala mahalnya biaya pendidikan di kampus jebolan para menteri tersebut.
Salah satu universitas yang terkemuka dan terkenal sekaligus universitas yang memiliki akreditasi A adalah Universitas Indonesia. Siapa yang tidak kenal dengan Universitas Indonesia ? Saya yakin semua pembaca blog ini sudah pasti tau mengenai perkuliahan atau universitas yang terbaik dan terkemuka di Indonesia ini. Dan tujuan gua menulis artikel ini yaitu siapa tau tulisan yang kali ini saya buat, bisa menjawab pertanyaan kalian semua seputar UI ( Universitas Indonesia ) dan semakin memantapkan niat serta hati kalian untuk mengenakan Jaket Kuning setelah memahami gimana sih dunia perkuliahan UI.
  1. Sejarah singkat UI ( Universitas Indonesia )
Mungkin gak semua dari kalian di sini tau kalau Universitas Indonesia ( UI ) merupakan universitas pertama yang ada di Indonesia. Ketika negara kita dijajah oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda, dibangunlah School of Medicine for Javanese pada 1849. Tujuan dibangunnya sekolah ini adalah sebagai tempat penghasil asisten untuk dokter. Pada tahun 1898 ditambahin lagi sekolah kaya gini, namanya sekolahnya STOVIA ( School tot Opleiding van Indische Artsen ). STOVIA ini ibaratnya kayak SMP, SMA, dan kuliah di jaman sekarang. STOVIA dibangun di daerah Salemba, yang sekarang jadi gedung Fakultas Kedokteran UI. Lompat jauh ke tahun 1924, pemerintahan kolonial Belanda mendirikan RHS ( Sekolah Badan Hukum Indonesia ). RHS ini menjadi cikal bakal Fakultas Hukum di Universitas Indonesia

Dari masa ke masa, STOVIA terus berganti namaPada 1950, Universitas Indonesia mendapatkan izin secara resmi untuk melakukan kegiatan dan pada tanggal 2 Februari 1950 ditetapkan menjadi dies natalis Universitas Indonesia ( pada tahun 1954, kata “Universiteit” secara resmi berubah menjadi “U ). Hingga kini, UI memiliki kampus di Salemba, Jakarta Pusat ( FK, FKG, dan beberapa program pascasarjana ) dan di Depok, Jawa Barat ( FT, FH, FISIP, FE, dan fakultas lainnya).

Di Universitas Indonesia sendiri, ada tiga rumpun Ilmu besar, yaitu Rumpun Ilmu Kesehatan, Rumpun Ilmu Sains – Teknologi,, dan Rumpun Ilmu Sosial. 

  1. Rumpun Ilmu Kesehatan
Rumpun Ilmu Kesehatan ini berisikan fakultas-fakultas yang berhubungan dengan kesehatan individu, komunitas, dan lingkungan. Rumpun Ilmu Kesehatan ( atau biasanya disingkat RIK ) terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Ilmu Keperawatan.
  1. Fakultas Kedokteran ( FK )
Sebelum tahun 2014, Fakultas Kedokteran cuman punya gedung di Salemba, yang dulunya adalah pusat administrasi dan kegiatan mahasiswa UI. Untuk menunjang proses belajarnya, FK UI bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang terletak di belakang kampus Salemba. Namun, sejak sekitar awal tahun 2015, kegiatan anak-anak FK mulai berpindah ke gedung Rumpun Ilmu Kesehatan yang ada di Kampus Depok. Rencananya sih, seluruh kegiatan mahasiswa yang di Salemba (khususnya S1) akan dipindahin ke Kampus Depok. Juga sudah dibangun Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI) yang direncanakan mulai beroperasi akhir tahun 2016.

  1. Fakultas Kedokteran Gigi ( FKG )
Kampus FKG dulunya sama-sama FK di Salemba dan sama-sama mau dipindahin juga ke Depok, ke gedung RIK. Di FKG terdapat beberapa program, yaitu program Pendidikan Kedokteran Gigi (S1), Profesi Dokter Gigi, Dokter Gigi Spesialis, Program Magister (S2), dan Program Doktor (S3).
Hampir sama kaya FK, setiap semester ambil kuliahnya paketan. Tapi kata-katanya sih, kuliah di sini relatif lebih mudah untuk lulus 3,5 tahun dibanding fakultas lain. Setelah lulus S1, lo bakal dapat gelar S.KG ( Sarjana Kedokteran Gigi). Untuk bisa praktek sebagai dokter gigi, kalian semua harus ambil program Profesi Dokter Gigi.

  1. Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi adalah fakultas yang terbilang baru di UI, didirikan pada tahun 2011. Sebelumnya, jurusan Farmasi berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Berdasarkan keputusan rektor, sejak tahun 2011 Fakultas Farmasi menjadi fakultas yang independen dan berada di bawah Rumpun Ilmu Kesehatan.

Sebagai salah satu jurusan kuliah dengan peminat terbanyak di Indonesia, anak Farmasi emang dididik untuk mampu menemukan potensi dari suatu bahan dan meracik takarannya agar bermanfaat untuk tujuan tertentu tanpa menimbulkan efek samping. Ahli Farmasi lebih tahu soal obat lebih dari dokter. Makanya kuliahnya banyak belajar analisis, hitungan, dan logika. Lulus dari Farmasi ga harus melulu berkutat dengan obat-obatan atau jadi apoteker di rumah sakit kok. Banyak juga lulusan Farmasi yang berkiprah di industri kosmetik dan makanan.

Sama kayak dua fakultas sebelumnya, Fakultas Farmasi memiliki beberapa program: Program pendidikan sarjana farmasi (S1), Program Apoteker/Farmasis, Program Magister (S2), dan Program Doktor (S3). Sama seperti FK dan FKG, ketika kalian lulus S1, lo masih baru dapat gelar S.Farm (Sarjana Farmasi). Kalo lo berminat untuk jadi Apoteker/Farmasis, lo masih harus ambil program profesi.

  1. Fakultas Kesehatan Masyarakat ( FKM )
Buat kalian semua yang berminat punya karier di dunia medis, tapi kurang tertarik jadi dokter atau farmasis, kuliah di FKM bisa jadi alternatifnya. Di FKM, ada beberapa jurusan untuk program pendidikan S1, yaitu jurusan
  • Ilmu Kesehatan Masyarakat,
  • Gizi,
  • Kesehatan Lingkungan,
  • Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Intinya sih, kalau kalian semua masuk FKM, kaliam bakal mempelajari ilmu-ilmu yang berguna banget untuk meningkatkan kualitas hidup individu dan masyarakat. Kalo jadi dokter, perannya lebih ke pengobatan, kalo di jurusan ini kalian akan leih banyak berperan di sisi preventif (pencegahan) dan promotif (kampanye kesehatan).

  1. Fakultas Ilmu Keperawatan ( FIK )
Sama kayak FK, FKG, dan Fakultas Farmasi, kalau kalian semua  lulus S1 Ilmu Keperawatan dan dapet gelar S.Kep ( Sarjana Keperawatan ), Kaliam masih harus ambil program Profesi Perawat / Ners untuk bisa jadi perawat. Fakultas ini juga menawarkan Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3).
Berbeda dengan FK yang menitikberatkan pada ilmu medis dan pengobatan, FIK lebih diarahkan untuk membantu pasien dan keluarganya dalam beradaptasi dengan penyakit. Menangani orang sakit itu ga gampang dan ga boleh sembarangan. Di situlah perawat-perawat yang baik hati dan berintelektual turun tangan untuk membantu pasien menghadapi penyakitnya dengan lebih bijak.
Gedung kampus FIK menurut saya sih bagus dan super bersih kayak rumah sakit. Beberapa kegiatan mahasiswa juga kadang berlangsung di gedung RIK. Sama kayak FKG dan FKM, populasi cewek di Fakultas ini relatif lebih banyak.
Dan masih banyak lainnya fakultas – fakultas yang tersedia di salah satu Universitas terbaik dan terkemuka di Indonesia ini yaitu Universitas Indonesia atau biasa disingkat UI.
Berbicara dengan UI, ada beberapa kategori cara untuk masuk ke salah satu Universitas yang terbaik dan terkemuka di Indonesia ini lho guys.
Dikutip dari website resmi UI, tingkat kesulitan untuk memasuki kampus UI sangat tinggi. Di mana hanya 5% dari pendaftar yang diterima setiap tahun. Bagi para lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan Program Sarjana (S1) ke UI dapat memilih 2 kategori jalur masuk berikut ini :
  1. Melalui Jalur Undangan
Jalur masuk UI di kategori ini ada 4 cara, antara lain:
  • Jalur Undangan
Seleksi masuk berdasar nilai rapor dengan memperhitungkan indeks prestasi sekolah, serta menyesuaikan dengan daya tampung yang ada. Hanya berlaku bagi siswa yang akan lulus pada tahun yang sama saat mendaftar.
  • SNMPTN
    Yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Gerbang masuk program S1 Reguler. Pendaftar dapat memilih beberapa program pendidikan yang ada di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Siswa yang tidak dapat mengikuti SNMPTN, masih berkesempatan mendaftar S1 Reguler melalui SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SIMAK (Seleksi Masuk) UI.
  • PPKB
    Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), yakni jalur undangan untuk program pendidikan Vokasi dan S1 Paralel. Hanya sekolah yang mendapat undangan dari UI, yang dapat mendaftarkan siswanya di program ini.
  • Talentscouting
    Jalur undangan untuk program pendidikan S1 Kelas Internasional. Siswa yang tidak dapat mengikuti Talentscouting, masih berkesempatan mendaftar S1 Kelas Internasional melalui ujian tulis SIMAK UI-Kelas Internasional.
    1. Melalui Jalur Ujian Tulis
Gerbang masuk UI lewat ujian tertulis mempunyai porsi paling banyak. Jalur masuk tersebut boleh diikuti siapa saja tanpa batasan tahun lulus dengan mengikuti ketentuan masing-masing program pendidikan yang terdiri dari :
  • SBMPTN
Jalur ujian tulis yang diselenggarakan oleh panitia nasional SBMPTN. Jalur tulis ini diperuntukkan program pendidikan S1 Reguler.
  • SIMAK UI
Jalur ujian tulis yang diselenggarakan UI. Jalur tulis ini diperuntukkan program pendidikan S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi. Batasan tahun lulus berlaku untuk pendaftar S1 Reguler. Sedangkan untuk S1 Paralel dan Vokasi tidak ada batasan tahun lulus.
  • SIMAK – Kelas Internasional
Jalur tulis yang diselenggarakan oleh UI untuk program pendidikan S1 Kelas Internasional. Tidak ada batasan tahun lulus untuk mendaftar program ini. Materi ujian dalam bahasa Inggris.
Nah, itu guys sedikit informasi mengenai salah satu Universitas yang terbaik yang ada di Indonesia yaitu Universitas Indonesia, semoga kalian yang sedang duduk di bangku SMA kelas 12, perjuangan kalian tidak sia – sia. Tetaplah usaha, berdoa dan sisanya adalah bertawakal kepada Allah SWT. Semoga kalian keterima di salah satu PTN yang kalian inginkan, aamiin.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

0 Response to "Universitas Indonesia "

Post a Comment

Silakan berkomentar di mukhlas.com Komentar akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar yang melanggar peraturan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel