Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sulit Tidur? Pahami Penyebabnya Dapat Menolong Anda.

Sulit Tidur? Pahami Penyebabnya Dapat Menolong Anda.


Sulit Tidur


Jika Anda sulit tidur, hal ini bisa menjadi masalah besar. Tanpa istirahat yang cukup, Anda akan kesulitan menjalani hari yang penuh aktivitas baik ringan maupun berat. Anda akan merasa mudah marah, gugup dan sulit berkonsentrasi sehingga produktivitas menurun. Sementara tubuh Anda letih, pikiran juga tidak berfungsi secara optimal, karena terjebak dengan hal-hal negatif yang tidak dapat Anda selesaikan sekarang, seperti masalah keuangan atau masalah-masalah lainnya . Inilah beberapa akibat yang dapat dirasakan jika

Anda Sulit Tidur


Melalui tulisan ini, kita akan mencoba mengerti sindrom yang umum diderita orang dewasa-dewasa ini, sehingga dengan memahaminya  kita dapat mendeteksi apa penyebab kesulitan tidur nyenyak tersebut.

Memang ada kondisi langka di mana penderitanya tidak pernah bisa tidur, yakni disebut FFI (Fatal Familial Glossary Link Insomnia) namun kebanyakan orang yang sulit tidur sebenarnya disebabkan oleh penyebab psikologis alih-alih penyebab fisik seperti FFI. Tidak berarti kita harus ke psikolog untuk menyembuhkan sindrom ini.

Mari kita ambil contoh yang ekstrim dan umum terjadi, yakni yang dialami oleh veteran perang. Ketika mereka pergi berperang, umumnya mereka tidak siap secara psikologis untuk menghadapi kondisi peperangan. Kematian, kehancuran infrastruktur seperti bom, senjata kimia dan konflik moral yang sering menjadi dilema, sangatlah berpengaruh terhadap mental mereka baik jangka pendek maupun jangka panjang. Pengalaman akan peristiwa-peristiwa yang mereka alami dalam peperangan umumnya berpengaruh kuat pada mental. Para veteran perang ini menjadi tidak tahan secara psikologis. Salah satu akibat dari hal ini adalah sulit tidur bahkan di medan peperangan itu sendiri. Mengapa hal ini terjadi? Mungkin Anda dapat menduga bahwa hampir tak dihindari bahwa pikiran dalam kondisi konflik dapat mengatasi dan memiliki cara-cara untuk menyelesaikannya segera. Jadi apa hubungannya dengan kita?

Bagi kita masyarakat umum, menghadapi masalah dalam kehidupan kita, dapat menjadi problema yang sama beratnya. Namun demikian Anda masih lebih beruntung daripada veteran perang. Ketika kita tidak dapat menyelesaikan kewajiban finansial karena kehilangan pekerjaan, krisis kesehatan atau apapun, secara mental, akan ada dua pilihan bagi Anda yaitu menghadapinya atau meninggalkannya. Glossary Link Adrenalin mulai mengalir dan pikiran Anda akan bekerja secara konstan. Ini adalah kekhawatiran yang nyata, yang  seringkali tidak ada solusinya. Pikiran bekerja dengan cara yang misterius. Kita mungkin tidak dapat menekan konflik tersebut, sehingga terwujud menjadi kesulitan untuk tidur nyenyak.

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi  hal-hal sehari-hari dan konflik-konflik yang menyebabkan kita tidak bisa tidur.

Salah satunya adalah jurnal pribadi yang akan mencatat peristiwa hari demi hari. Peristiwa yang nampak sepele sedikit demi sedikit dapat menjadi bukit tanpa disadari oleh alam sadar kita. Simpan catatan sehari-hari yang mencatat interaksi, pemikiran pribadi dan reaksi sehari-hari dalam hidup kita. Semakin lama kita akan semakin menyadari adanya suatu pola tertentu. Peristiwa, orang atau interaksi tertentu akan kelihatan konsistensinya membuat kita kesal. Jika tidak ada penyaluran, alam pikiran akan menyimpan kekesalan dan ketidakberdayaan. Secara tidak sadar, emosi-emosi tersebut akan semakin menumpuk.

Membuat jurnal pribadi sangatlah berguna. Jika kita sulit tidur, maka pertimbangkanlah hal-hal berikut ini. Saat kita menyadari bahwa alam bawah sadar kita sedang mengambil alih kemudi, kita sebenarnya sudah setengah jalan menuju pemecahan masalah. Usahakanlah dengan sadar untuk membersihkan pikiran dari kekhawatiran akan masalah yang tidak mungkin kita pecahkan sekarang. Biarkan esok hari berjalan apa adanya. Terima kenyataan bahwa kita tidak dapat mengatasi seluruh masalah hidup hanya dalam sehari. Bersantailah sedikit. Buat catatan tentang masalah yang kita kita hadapi sekarang, dan pisahkan antara yang bisa dipecahkan dan yang tidak mungkin diselesaikan sekarang. Niscaya jurnal pribadi akan memberikan petunjuk mengapa kita sulit tidur.  Lakukanlah hal ini dahulu sebelum memutuskan untuk minum obat tidur. Semoga berhasil!

Posting Komentar untuk "Sulit Tidur? Pahami Penyebabnya Dapat Menolong Anda. "

Iklan Bawah Artikel