Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Senyum Untuk Kesehatan

Dalam fisiologi, 


senyum adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya pada wajah sesorang manusia atau suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, atau pula di sekitar mata. Setiap orang senyum untuk mengukapkan kebahagiaan dan rasa senang mereka.
Setiap orang tersenyum merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mengatasi stres dan menambah banyak teman. Akan tetapi ternyata ada 10 manfaat lain dari tersenyum bagi kesehatan seseorang.
 Dan kita diketahui dibutuhkan lebih sedikit otot wajah untuk membuat seseorang suka tersenyum dibanding cemberut. Menurut beberapa ahli menyatakan dibutuhkan 45 otot wajah untuk cemberut namun hanya 17 otot untuk tersenyum pada otot wajah. Selain beberapa ahli lainnya menyebutkan dibutuhkan 62 otot untuk cemberut dan hanya 26 otot untuk tersenyum pada wajah.


 Namun untuk itu tersenyum juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh seseorang dan membuat hidupnya lebih menyenangkan dan hangat. Dan ini beberapa manfaat yang bisa dilakukan seseorang dengan tersenyum pada setiap orang, seperti dikutip dari About, Jumat (2/12/2011) yaitu:

1. Senyum membuat seseorang lebih menarik


Secara tidak sadar senyum anda bisa membuat seseorang terlihat lebih baik dibanding mengerutkan kening pada permukaan sekitar wajah, cemberut atau meringis.

2. Senyum bisa mengubah suasana hati


Tersenyum bisa meningkatan daya tubuh sehingga membantu seseorang mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik dan nyaman. Untuk itu jika merasa sedih, cobalah untuk tersenyum.

3. Senyum bisa menular


Pada keadaan tersenyum tak hanya mengubah suasana hati orang lebih baik tersebut tapi juga orang-orang disekelilingnya, dan membuat hal-hal menjadi lebih bahagia. Pada saat senyum bisa menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.


4. Senyum bisa meredakan stres


Pada orang yang stres bisa terlihat dari sekitar wajahnya, tapi dengan tersenyum juga bisa mencegah seseorang tampak lelah. Jika sedang stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga lebih mampu mengambil tindakan.

5. Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Bisa membantu sistem kekebalan daya tahan tubuh untuk bekerja lebih baik. Ketika seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.

6. Senyum menurunkan tekanan darahKetika tersenyum maka ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur. 


Dari disini juga dapat mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca buku, lalu tersenyum selama 1 menit dan mengukur tekanan darah kembali.

7. Seseorang yang mudah tersenyum bisa melepaskan endorfin dari tubuhnya, 


penghilang rasa sakit dan serotonin
Studi telah menunjukkan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.

8. Pada lipatan muka senyum di wajah bisa membuat orang terlihat lebih muda


Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu wajah Anda sehingga membuat orang tampak lebih muda dari umur mereka. Selain itu cobalah anda lebih sering tersenyum pada orang lain yang membuat merasa lebih muda dan lebih baik.

9. Tersenyum bisa membuat orang terlihat sukses


Semua orang yang tersenyum akan terlihat lebih percaya diri dan lebih semangat sehingga lebih sehat, Dan selain itu pasang senyum di setiap pertemuan akan memiliki reaksi yang berbeda pada tubuh.

10. Senyum bisa membantu orang tetap positif


Semua orang yang senyum akan membuat orang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif kita. Dan dapat mengurangi depresi, stres dan khawatir maka kesehatan pada seseorang juga akan meningkat dan menghindarinya dari berbagai risiko penyakit pada tubuh.
Itu lah informasih dari kami semoga bermafaat untuk untuk anda

Posting Komentar untuk "Tips Senyum Untuk Kesehatan"

Iklan Bawah Artikel