Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Kesehatan Wanita

Tips Kesehatan Wanita 


Tips Menjaga kesehatan wanita

Tips kesehatan wanita 


Tips kesehatan wanita dalam beberapa hal berlainan dengan tips kesehatan untuk pria karena anatomi tubuh wanita yang berbeda dengan pria menjadi faktor utama dalam cara menjaga kesehatannya, terutama yang terkait dengan kesehatan alat reproduksi pada wanita. Payudara, sebagai salah satu organ tubuh wanita, sangat rentan terkena penyakit, sehingga harus dijaga kesehatannya. Agar terhindar kanker, salah satu penyakit yang membuat takut para wanita, tips-tips kesehatan untuk wanita berikut ini amat baik untuk diikuti dan tentu saja tips ini bisa juga menjadi tips kesehatan untuk wanita hamil maupun tidak hamil.

Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil


Obesitas atau kegemukan merupaka salah satu penyebab terjadinya gangguan kesehatan seperti serangan jantung. Berat badan yang tidak terkontrol atau melebihi batas wajar bisa juga menyebabkan terjadinya kanker payudara. Oleh sebab itu, kita harus selalu menjaga berat badan kita di angka yang ideal agar sel-sel kanker tidak timbul dan membahayakan kesehatan payudara. Pertahankan berat badan yang ideal dengan mengkonsumsi makanan berserat atau melakukan olahraga secara teratur dan rutin

Memeriksakan Diri Secara Rutin


Tips kesehatan untuk wanita yang ke 2 adalah agar secara rutin memeriksakan diri ke dokter atau mengecek sendiri dengan meraba untuk memastikan bahwa tidak ada benjolan mencurigakan yang menimbulkan rasa nyeri di daerah sekitar payudara dan ketiak. Jika ada benjolan, jangan menunda dan segeralah berkonsultasi dengan dokter agar cepat mendapat penanganan sedini mungkin. Selain itu riwayat kesehatan keluarga juga perlu diketahui. Lakukan general check up secara rutin sebab wanita dengan riwayat anggota keluarga ada yang menderita kanker payudara, memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

Menghindari Minum Alkohol, Merokok dan Makanan yang Berlemak


Khusus bagian ini juga merupakan tips kesehatan untuk wanita muslim, karena perempuan merokok dan meminum minuman yang mengandung alkohol adalah haram hukumnya. Alkohol dan rokok adalah salah satu musuh utama bagi kesehatan, termasuk kesehatan payudara wanita. Jangan abaikan peringatan yang tertulis pada bungkus rokok, karena nikotin dan zat-zat berbahaya lainnya yang terdapat pada rokok bisa menjadi penyebab timbulnya kanker. Begitu juga dengan konsumsi minuman beralkohol yang melebihi batas, wanita yang mengkonsumsi 2 gelas minuman beralkohol per hari, memiliki resiko terkena gangguan kesehatan pada payudara hingga 21% lebih tinggi dibanding wanita yang tidak minum alkohol. Wine atau minuman anggur memang lebih minim resiko, tapi akan jauh lebih baik lagi jika kita tidak mengonsumsi alkohol.

Mengkonsumsi makanan berlemak yang melebihi batas dapat memperbesar resiko bagi kesehatan wanita. Makanan berlemak dapat mengubah zat-zat kimia dalam usus yang terkena bakteri berubah menjadi estrogen yang bisa memicu kanker. Hormon yang tersimpan pada jaringan lemak di payudara dapat memicu tumbuhnya sel kanker yang sangat berbahaya. Maka dari itu, tips kesehatan payudara wanita yang ketiga adalah dengan membatasi konsumsi lemak sekitar 20% dari konsumsi kalori secara keseluruhan.

Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang Sehat


Untuk memperkecil munculnya gangguan kesehatan pada payudara wanita, konsumsilah makanan sehat seperti ikan dan sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam, selada dan brokoli memiliki kandungan sulforaphane yang sangat bermanfaat memerangi dan mencegah sel kanker. Sayur dan buah yang kaya serat seperti jeruk, buncis, dan buah pir juga dapat meningkatkan sistem metabolisme serta mengurangi produksi estrogen pemicu kanker. Di Jepang, rumput laut sudah terbukti sebagai makanan yang sangat berguna bagi kesehatan payudara wanita.

Kacang-kacangan, terutama kedelai, adalah makanan sehat yang sangat baik bagi kesehatan payudara wanita. Kedelai mengandung zat bernama genisten yang dapat mengikat reseptor di payudara dan mencegah munculnya sel-sel kanker. Kita juga dapat mengonsumsi minuman dan makanan dari kedelai seperti tempe, tahu dan susu kedelai alami. Untuk ikan, pilihlah ikan seperti ikan tuna, makarel, sarden dan ikan salmon. Ikan laut mempunyai kandungan omega 3 yang amat tinggi yang dapat memperkuat sistem imunisasi/kekebalan tubuh dan bisa mencegah tumbuhnya sel kanker. Dengan kandungan yang kaya manfaat tersebut, ikan laut menjadi salah satu makanan yang sangat direkomendasikan dalam tips kesehatan wanita.

Itulah tips"kesehatan untuk wanita
Semoga bermanfaat 

Posting Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Wanita "

Iklan Bawah Artikel