Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

kanker payudara karena mengandung asam fenolik


kanker payudara karena mengandung asam fenolik
Sebuah studi oleh para peneliti di Universitas Navarra dan Universitas Jaen di Spanyol menemukan bahwa makanan tertentu dapat melindungi terhadap risiko kanker payudara pasca-menopause karena mengandung asam fenolik.

Asam fenolik ditemukan dalam berbagai makanan nabati, termasuk biji-bijian, blueberry, buah jeruk, gandum, dan beras.
Untuk penelitian yang dipresentasikan pada Kongres Eropa tentang Obesitas di Glasgow, para peneliti mengamati hubungan antara asam fenolik dan kanker payudara pada 11.028 wanita.

Setiap peserta menganalisis asupan asam fenolik mereka selama periode rata-rata 12 tahun, dan selama waktu itu para peneliti menemukan 101 kasus kanker payudara.


Untuk memastikan berapa banyak asam fenolik yang mereka konsumsi, para wanita diminta untuk melaporkan seberapa sering mereka mengonsumsi 136 jenis makanan yang berbeda melalui kuesioner.

Hasil quinerary ini kemudian dibandingkan dengan database yang memiliki informasi tentang seberapa kaya asam fenolik dalam setiap makanan.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi asam hidroksisinamat tertinggi, suatu bentuk asam fenolik alami, mendapat manfaat dari pengurangan risiko kanker payudara sebesar 62 persen dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi paling sedikit.

Namun dari berbagai jenis asam hidroksisinamat, asam klorogenat, yang biasanya ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, ternyata memiliki efek terkuat dalam hal pengurangan risiko.

Wanita yang mengkonsumsi jumlah nutrisi jenis ini memiliki 65% risiko kanker payudara.

"Asupan hidroksikinamatik yang lebih tinggi, terutama dari asam klorogenat yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara pasca-menopause," para peneliti menyimpulkan.

"Penelitian ini menarik karena menekankan pentingnya mengonsumsi makanan tinggi buah-buahan dan sayuran untuk pencegahan kanker," kata Susannah Brown, penjabat kepala penafsiran penelitian di World Cancer Research Fund, seperti yang dilaporkan di laman Independent, Rabu.

"Itu juga menunjukkan beberapa alasan biologis potensial mengapa buah-buahan dan sayuran melindungi Anda dari kanker," tambahnya

Posting Komentar untuk "kanker payudara karena mengandung asam fenolik"

Iklan Bawah Artikel