Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Jeruk Nipis Dan Sumber Nutrisinya

Manfaat jeruk nipis dan sumber nutrisinya

Jeruk umumnya digunakan sebagai suplemen sekali penambah rasa dalam berbagai makanan seperti mie dan aduk sup. Bahkan, aroma dan rasa pahit segar, membuat jus lemon sering digunakan sebagai eliminator bau amis pada ikan sebelum pengolahan. Namun selain semua ini, banyak orang tidak tahu bahwa jeruk memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Apa saja, ya?

Jeruk memiliki banyak jenis. Berbeda dengan makanan penutup oranye biasanya tidak, lemon tidak makan seperti itu. Jeruk dicampur dengan makanan lebih sering untuk membuatnya lebih lezat atau dibuat menjadi minuman menyegarkan daripada makan langsung.

Jeruk, yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia memiliki banyak nama yang indah dari berbagai daerah di Indonesia, seperti kelangsa, pecel jeruk, jeruk Alit, atau Lemau Nepi di beberapa daerah di Indonesia. Sayangnya, banyak orang masih salah mengucapkan kapur atau jus lemon dengan kapur. Bahkan, kapur dan lemon adalah jeruk jenis kapur.

Lemon memiliki lebih bulat dari sedikit oval dengan sedikit menonjol ujung bentuk lemon. Kemudian hijau limau cahaya terang, sementara kuning lemon. Meskipun warna buah lemon bisa kuning, biasanya orang cenderung untuk mengambil keuntungan dari buah ini ketika warnanya masih hijau.

Berbeda lagi jika kapur. buah jeruk ini sering bingung dengan kapur dengan warna dan bentuk yang mirip. Namun, bila dianggap, file yang jauh lebih kecil, sedangkan kapur biasanya ukuran bola tenis meja.

Warnanya jauh lebih terkonsentrasi gelap lemon alias hijau. Sementara lemon jauh lebih terang dan kadang-kadang sedikit kekuningan. Jika disentuh, permukaan kulit jauh lebih lemon halus dan tipis, sementara kulit jeruk nipis memiliki tekstur kasar, karena dikelilingi oleh benjolan-benjolan kecil dan lebih tebal.

Kandungan gizi kapur


Sebelum membahas manfaat jeruk nipis, Anda harus terlebih dahulu mengetahui kandungan nutrisinya. Berdasarkan data dari Departemen Kesehatan Indonesia, dalam 100 gram jus jeruk mengandung berbagai macam zat gizi, termasuk:

macronutrients

Daya (energi): 44 kalori

Protein (protein): 0,5 g

Lemak (lemak): 0,2 g

Karbohidrat (CHO): 10,0 g

Serat (fiber): 0,4 g

Ash (ASH): 0,4 g

mineral

Kalsium (Ca): 18 mg

Fosfor (P): 22 mg

Besi (Fe): 0,2 miligram

Natrium (Na): 3 miligram

Kalium (K): 108,9 mg

Tembaga (Cu) miligram 00:06

Zinc (Zn): 0,1 miligram

Vitamin dan antioksidan

Beta-karoten (karoten): 23 mikrogram

Total Karoten (Re): 4 mikrogram

Tiamin (Vit B1.): 00:01 mikrogram

Riboflavin (Vit B2.): 00:03 mikrogram

Niacin (niacin): 0,2 mikrogram

Vitamin C (Vit C): 20 mikrogram

Ada beberapa manfaat jeruk nipis untuk tubuh


Seperti Anda mungkin tahu, air adalah zat yang penting bagi tubuh. Sekitar 70 persen dari komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Selain kewajiban untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh, air juga berfungsi untuk menghilangkan zat beracun dipasang di tubuh dan mempromosikan ketersediaan energi untuk bergerak.

Sayangnya, tidak semua orang suka minum air biasanya dalam jumlah besar karena dianggap selera buruk. Sebaliknya, mereka lebih suka minum minuman jus rasa, teh atau susu. Bahkan, beberapa minuman ini mengandung pemanis tambahan yang menjelaskan asupan kalori yang berlebihan.

Jika Anda tidak suka air keran, Anda dapat mencoba mengganti kebiasaan ini dengan menambahkan jus lemon dalam minuman. Selain membuat rasa paling lezat, jus lemon juga memberikan beberapa manfaat seperti:

1. Meremajakan kulit


Beberapa produk perawatan kulit dapat mengklaim bahwa produk mereka dapat memelihara dan membuat wajah terlihat lebih muda. Namun, Anda benar-benar tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk memperbaiki penampilan kulit.

Kapur dapat menjadi salah satu andalan bahan-bahan alami untuk perawatan kecantikan kulit. Karena, jus jeruk mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang dapat memperkuat kolagen. Itu sebabnya, manfaat minum air lemon dapat membantu melembabkan dan meremajakan kulit Anda.

Sebaliknya, hindari menggosok jus lemon langsung pada kulit Anda. Paparan sinar matahari langsung setelah menerapkan jus lemon dapat menyebabkan phytophotodermatitis.

Phytophotodermatitis adalah suatu kondisi di mana bahan kimia yang terkandung dalam tanaman tertentu yang mengakibatkan kulit terbakar atau meradang ketika terkena sinar matahari. Akibatnya, daerah kulit akan tampak merah, gatal, dan panas.

2. Pencernaan


Jus lemon bersifat asam dan dapat membantu saliva (air liur) memecah makanan. Selain itu, flavonoid dalam jus lemon dapat merangsang enzim pencernaan.

Jika Anda mengalami sembelit, sifat asam dari lemon dapat merangsang pergerakan usus Anda. Ini membantu junk food di perut Anda mendorong ke bawah lebih mudah. Selain itu, asupan air jus pecel juga dapat membantu Anda untuk menghapus tinja lebih lancar.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu tubuh melawan penyakit, seperti flu, pilek, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, manfaat jeruk nipis yang menyumbang vitamin C juga akan meningkatkan produksi sel-sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit, sehingga memperpendek lamanya waktu Anda saat sakit. Untuk itu, jenis jeruk buah-jerukan sangat disarankan agar Anda tidak mudah sakit.

4. Membantu menurunkan berat badan


Banyak yang mengatakan jika Anda minum air jeruk nipis dapat membuat Anda tipis alias mampu menurunkan berat badan. Namun, apa ini?

Kandungan asam sitrat dalam jus lemon dapat meningkatkan metabolisme Anda. Ini dapat membantu Anda membakar kalori dan menyimpan sedikit lemak. Selain itu, vitamin C jeruk pecel juga memainkan peran dalam pembakaran lemak dalam tubuh.

Namun, perlu diingat, Anda mungkin tidak hanya mengandalkan metode ini untuk menurunkan berat badan. Ini hanya sedikit bantuan usaha Anda saat ini untuk menurunkan berat badan. Anda perlu melakukan aktivitas fisik, sehingga kalori yang terbakar lebih banyak. Berolahraga minimal 30 menit sehari dan meningkatkan konsumsi buah atau sayuran akan dapat membantu Anda.

5. Menjaga kadar gula darah


Kandungan vitamin C dalam jus jeruk juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Orang dengan kondisi ini sangat diperlukan untuk menjaga kadar gula tetap normal. Karena insulin bertanggung jawab untuk menurunkan gula darah tidak berfungsi dengan baik.

Nah, kapur memiliki gula darah rendah, yang dapat mengurangi penyerapan gula ke dalam darah. Akibatnya, kadar gula darah dalam tubuh Anda dapat lebih terjaga.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung


Lemon merupakan sumber magnesium dan kalium, yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium dapat menurunkan tekanan darah secara alami dan sirkulasi darah. Hal ini membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Selain itu, penelitian yang sedang berlangsung menyelidiki bahwa ada senyawa dalam jus jeruk yang disebut limonene yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

7. Mengurangi risiko kanker


Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan sel abnormal yang dapat berkembang di setiap bagian dari tubuh, seperti payudara, paru-paru, dan ginjal. Jika dibiarkan, sel-sel kanker dapat menyebar ke jaringan lain dan mengancam jiwa.

Posting Komentar untuk "Manfaat Jeruk Nipis Dan Sumber Nutrisinya"

Iklan Bawah Artikel