Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail



Cara mengatasi lupa password email

Mungkin akibat terlalu banyak akun yang anda buat sampai anda lupa password gmail sedangkan nomor hp sudah tidak aktif. Ini merupakan hal yang cukup fatal sebab ketika gmail atau email anda tidak bisa dibuka harapannya adalah menggunakan nomor hp yang sudah ter-verifikasi dengan akun tersebut.

Mengatasi Lupa Password gmail dan Nomor HP Sudah Tidak Aktif

Reset Kata Sandi Akun Gmail Dengan Password Lama

Cara ini bisa anda gunakan sebagai tindakan pertama lupa password gmail dan nomor hp sudah tidak dipakai lagi. Dan cara ini memungkinkan mendapatkan keberhasilan yang cukup tinggi, tapi bergantung seberapa kemampuan anda mengingat kata sandi yang pernah anda gunakan pada akun ini.

Jika anda dapat mengingat satu kata sandi saja maka mengatasi lupa password akun gmail anda akan lebih mudah. Caranya silahkan lupa kata sandi >> masukan kata sandi yang pernah anda gunakan.
Mengatasi Lupa Password gmail dan Nomor HP Sudah Tidak Aktif

Anda bisa mencoba berulang kali sampai kata sandi yang anda masukan benar.


Jika cara gagal, anda bisa melakukan cara yang ke berikutnya.

Reset Kata Sandi Gmail Menggunakan Email Pemulihan

Cara ini merupakan cara lain yang bisa anda lakukan reset password gmail tanpa nomor hp yaitu anda bisa reset password gmail anda menggunakan email pemulihan. Email pemulihan ini biasanya kita berikan pada awal mendaftar akun gmail.

Langkah 1 - Caranya silahkan klik Lupa Password ? >> Coba Cara lain dan pilih Menggunakan email pemulihan seperti gambar berikut.
Reset Kata Sandi Gmail Menggunakan Email Pemulihan


Langkah 2 - Masukan email pemulihan anda dan pastikan email tersebut masih bisa diakses. Karena google akan mengirimkan pesan untuk me-reset kata sandi baru.

Reset Password gmail Dengan (Bantuan) Pertanyaan Kemananan

Cara ini adalah salah satu solusi untuk anda yang lupa password tanpa nomor dan email pemulihan. Dengan pertanyaan keamanan ini memastikan apakah anda adalah pemiliki akun ini.

Anda di berikan beberapa pertanyaan seputar akun tersebut misalnya "kapan akun ini dibuat ?" seperti gambar dibawah ini.

Ingat, pastikan anda menjawabnya dengan benar, supaya google dapat mengkonfirmasi dan memastikan bahwa pemilik akun ini adalah anda.

Reset Password Dengan Pertanyaan Kemananan

Mencegah Lupa Password Gmail & Akun Penting lainnya

Setelah akun anda sudah bisa dibuka sebaiknya anda lakukan ini guna mengatasi lebih mudah apabila anda lupa kata sandi.

  • Berikan Nomor Telepon dan Gmail Pemulihan Aktif
Berikan Nomor Telepon Aktif dan Gmail Pemulihan

Supaya akun gmail anda aman berikan nomor telepon dan email pemulihan pada akun anda untuk mencegah terjadinya lupa sandi disuatu waktu. Hal ini pun berfungsi mencegah adanya akses yang tidak biasa dilakukan oleh orang lain yang mencoba login seperti pembajakan akun.


  • Simpan Pada Memo atau Catatan Penting
Penyebab kita sering lupa mungkin karena terlalu banyak yang harus diingat. Maka dari itu untuk mencegah hal itu terjadi, alangkah baiknya kita membuat sebuah catatan username dan password akun penting di memo, notepad atau dalam bentuk dokumen lainnya.

Ini merupakan cara yang saya gunakan untuk mencegah apabila suatu ketika saya lupa password gmail, sosial media dan sebagainya (terutama akun penting). Maka saya menyimpan catatan pribadi yang tentunya tersembunyi hanya diri sendiri yang bisa membukanya.

Caranya simpel, cukup mencatat email dan password akun yang bagi anda penting pada sebuah memo, notepad atau microsoft word. Jika saya pribadi menggunakan microsoft word karena lebih mudah dan gampang di buka oleh berbagai perangkat. Setelah itu karena ini bersifat pribadi maka silahkan anda simpan ditempat yang benar-benar aman dan tersembunyi sehingga hanya anda saja yang tau dan juga sekiranya bisa anda buka/akses dimana saja misalnya di flashdisk, laptop, hp, atau secara online seperti di google drive agar jauh lebih aman.

Ingat, pastikan anda selalu update catatan tersebut setiap kali melakukan perubahan pada akun anda. Seperti misalnya, ketika anda mengganti password dan keamanan lainnya maka anda juga harus update catatan memo penting tersebut. Jika perlu cantumkan tanggal disetiap kali melakukan perubahan.

Jika upaya ini dilakukan maka Insya Allah semua akun anda akan aman dari lupa password.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Lupa Password Gmail "

Iklan Bawah Artikel