Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Ebooks ? Pengertian, Fungsi, Manfaat, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan Ebook (Buku Digital)

Pengertian E-Book (Buku Elektronik)
Apa itu Ebooks ? Pengertian, Fungsi, Manfaat, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan Ebook (Buku Digital)
Ebooks adalah produk digital berupa buku elektronik yang biasanya berisi panduan, pengetahuan, motivasi tutorial, novel dan lainnya dan hanya bisa di baca oleh perangkat elektronik seperti Komputer atau Smartphone. Dijaman yang serba digital ini, e-book banyak digunakan daripada buku cetak mengacu pada pengertian diatas ebook sebagai produk digital yang berbentuk softcopy maka tentu lebih praktis dipergunakan.

Manfaat & Fungsi E-Book Secara Umum

Pada umumnya ebook berfungsi sebagai media informasi yang disajikan dalam bentuk digital. Pengguna ebook biasanya mereka yang sudah memanfaatkan teknologi sehingga terbiasa memilih ebook untuk media pembaca. Fungsi ebook antara lain.

Ebook Media Informasi Praktis

Ebook merupakan media informasi sama halnya seperti buku biasa hanya berbeda pada bagian isinya. Buku cetak biasa berisi teks dan gambar sedangkan Ebook dilengkapi dengan konten multimedia seperti audio dan video. Selain itu ebook sebagai pilihan media informasi yang lebih cepat memicu ebook merupakan produk digital maka akan lebih mudah didapatkan.

Ebook Sebagai Media Pembelajaran Kapanpun dan Dimanapun

Buku pada umumnya digunakan untuk media belajar, di era digital ini kita bisa gunakan ebook untuk media media pembelajaran yang mudah digunakan kapanpun dan dimana saja tanpa harus dibawa dalam bentuk fisik. Selain itu dengan adanya buku digital dalam media pembelajaran menjadi hal pendukung siswa maupun mahasiswa untuk membaca buku.

Ebook Sebagai Media Bisnis

Saat ini ebook menjadi salah satu pilihan para pebisnis sebagai media penjualan produk maupun jasa. Selain lebih mudah memproduksi juga mempermudah konsumen untuk mendapatkan produk digital ini. Misalnya ketika seorang konsumen ingin membeli buku interview, maka biasanya cukup dengan mengirimkan email berisi link kemudian konsumen tinggal mengunduhnya.

Tujuan Ebook Secara Umum

Memberikan Pembelajaran Online - Kehadiran ebook memudahkan guru menjalankan tugasnya untuk memberikan materi pembelajaran yang bisa dilakukan secara online pada siswa-siswinya. Maka selain memberikan materi pembelajaran, guru bisa melakukan tes ujian dirumah secara online meskipun guru sedang bertugas diluar.

Format Ebook

Banyak sekali jenis format buku pada umumnya sesuai berdasarkan popularitas ketersediaan buku elektronik dengan format tertentu guna mempermudah software membaca jenis format ebook tersebut. Lalu apa saja format ebook popularitas ?

.PDF

PDF kependekan dari (Portable Document Format) merupakan salah satu produk adobe acrobat yang melakukan pertukaran dokumen secara tidak langsung. Format ini merupakan format popularitas karena meliputi dukungan secara keseluruhan perangkat komputer atau smartphone. Maka tidak heran banyak orang memproduksi ebook dengan jenis format .pdf selain friendly, format pdf terbilang sangat ringan.

Akan tetapi semua perangkat pasti memiliki masalah masing-masing baik dalam ukuran yang tidak sesuai maupun tidak mendukung untuk membaca format ini. Beberapa aplikasi pendukung bisa anda download untuk membaca ebook berbagai format.

.DOCX

Format docx adalah format dari Microsoft Word yang banyak dijumpai juga digunakan sebagai format ebook yang banyak tersebar di internet. Format ini paling banyak dipakai untuk ebook sebab banyak pengguna Microsoft Word disetiap perangkat baik komputer maupun genggam (smartphone). Selain itu format ebook docx memiliki ukuran yang lebih ringan dan juga banyak variasi huruf yang bisa digunakan agar lebih menarik.

EPUB

EPUB (Electronic Publication) merupakan salah satu jenis format standar untuk buku digital yang dikembangkan oleh International Digital Publishing Forum (IDPF). Buku digital format EPUB ini dibuat menggunakan bahasa HTML / xHTML yang bisa dibuka melalui berbagai perangkat elektronik komputer, tablet maupun smartphone. Format epub hampir sama dengan format pdf sama-sama memiliki ukuran yang ringan, namun epub dan pdf memiliki perbedaan di sisi tampilan ketika di buka melalui perangkat.

Pdf bersifat monoton, jadi format pdf ini memiliki sifat tampilan yang tetap ketika dibuka di berbagai perangkat misalnya ketika kita membuka file pdf berukuran A4 di smartphone maka cenderung kita harus zoom (perbesar) terlebih dahulu karena format pdf tidak mengingikuti ukuran perangkat yang kita gunakan.

Sedangkan EPUB lebih dinamis, jika buku digital menggunakan format epub ini maka akan lebih ramah. Misalnya ketika kita membuka ebook berformat epub dengan ukuran A4 di perangkat smartphone, maka tanpa harus zoom (perbesar) format ini langsung tampil dengan menyesuaikan ukuran perangkat yang kita gunakan.

Jadi format epub sepertinya lebih cocok untuk anda yang suka menggunakan berbagai perangkat laptop, smartphone atau tablet karena tampilannya akan lebih freindly dengan perangkat yang kita gunakan.

LIT

LIT ialah format buku digital yang pertama kali dirilis oleh Microsoft pada tahun 2002 dan harus diakses melalui microsoft reader memungkinkan pengguna untuk membuka ebook di Windows. Namun pada tahun 2012 microsoft telah menghentikan microsoft reader dan sudah tidak mengukung format LIT lagi. Jadi untuk membuka ebook format LIT ini anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga, salah satu solusi gratis dan cepat anda bisa menggunakan platform terbesar untuk melihat file LIT anda yaitu dengan Calibre (juga mendukung format ebook lainnya).

MOBI

Format Ebook MOBI merupakan sebagian besar program eReader perangkat desktop gratis ditampilkan memakai perangkat lunak membaca sendiri untuk melihat Calibre, Mobipocket Reader (Mobile File Reader). Dirancang khusus untuk perangkat desktop dan seluler format ini sangat ringan dan didukung boorkmark, koreksi, catatan dan JacaScript.

Format Mobipocket di PC dapat dikonversikan ke dalam bentuk chm, doc, html pdf, rtf ocf dan txt termasuk kindle juga dapat menampilkan jenis format file ini.

AZW

AZW (Amazon World) adalah salah satu jenis format file ebook populer untuk lini kindle dan perangkat Amazon yang menggunakan aplikasi kindle. Biasanya Format file ini berisi DRM, yaitu perlindungan hak cipta untuk melindungi file dari penyalinan dan penayangan ilegal. Format AZW dibeli Amazon pada tahun 2005 kemudian pertama kali diluncurkan pada perangkat kindle pada tahun 2007. Berdasarkan format MOBI, akan tetapi format ini memiliki kompresi yang lebih baik dari MOBI serta bisa digunakan pada perangkat lunak Kindles.

Selebihnya masih banyak sekali format ebook (buku digital) yang tidak sempat disebut di artikel ini. Merintis artikel ini sekedar pemahaman jada mengenai produk digital ebook.

Kelebihan dan Kekurangan Ebook (Buku Elektronik)

Disetiap keunggulan pasti selalu ada kekurangan, mungkin anggapan yang anda pikirkan tentang ebook adalah keperaktisan, simple dan gak ribet namun perlu anda ketahui ada beberapa kekurangan dari ebook itu sendiri guna lebih memahami lebih dalam apa tentang apa itu ebook (buku digital) ?.

Kelebihan Ebook

    Simpel - Seperti pada paparan diatas, bahwa buku digital memang tidak memiliki bentuk fisik jadi tentu saja ebook lebih peraktis untuk dibawa kemana-mana.
    Harga Murah - Berbicara harga ebook lebih murah dibandingkan buku fisik karena produksi ebook cenderung lebih mudah dan tidak memakan biaya yang besar sehingga hal ini dapat menguntungkan si penjual buku untuk memasarkannya dengan strategi harga jual yang murah.
    Bersifat Abadi - Disinilah kelebihan yang dimiliki ebook, berbeda dengan buku fisik ebook tidak akan bisa sobek / rusak bahkan setelah anda menyimpannya bertahun-tahun tidak seperti hal nya buku cetak. Namun itu semua tergantung pada perangkat elektronik anda karena ebook hanya bisa disimpan dan dibuka pada perangkat elektronik.

Kekurangan Ebook

    Tidak dapat di sentuh - Seperti paparan diatas bahwa ebook memang tidak memiliki bentuk fisik maka dari itu ebook hanya berbentuk soft file. Beberapa orang lebih memilih ebook karena lebih praktis dan ringkas namun tidak menutup kemungkinan juga masih banyak sebagian orang juga suka buku cetak yang dapat di pegang.

    Ukuran Huruf Tidak Sesuai - Pada umumnya ukuran ebook bersifat ada yang bersifat dinamis maupun tetap. Jadi ukuran huruf ebook terkadang ada yang kecil ataupun terlalu besar jika dibuka diponsel sehingga kita harus memainkan zoom out dan zoom in saat membaca tentu ini agak kurang nyaman membaca nya.

    Mata Cepat Lelah - Pada dasarnya ebook hanya bisa dibuka pada perangkat elektronik maka secara langsung kita membaca buku dengan perangkat elektronik yang kita pakai untuk membaca ebook. Kekurangannya adalah cahaya dari perangkat mobile atau komputer akan membuat mata cepat lelah terlebih jika kita membaca ebook dalam jangka waktu yang lama.

Posting Komentar untuk "Apa itu Ebooks ? Pengertian, Fungsi, Manfaat, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan Ebook (Buku Digital)"

Iklan Bawah Artikel