Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diet Fad atau Gangguan Makan?


Diet Fad atau Gangguan Makan?

Diet iseng telah menjadi begitu mengakar dalam budaya AS yang dilihat oleh banyak orang sebagai bagian normal dari kehidupan sehari-hari. Sudah hampir menjadi chic untuk menjalani diet mode terbaru. Diet iseng telah menjadi tempat yang sangat umum sehingga ia benar-benar menciptakan industrinya sendiri senilai $ 61 miliar. Tapi apakah Yo-Yo atau diet hanya benar-benar aman atau itu pertanda masalah yang lebih serius? Ketika kita mendengar kata gangguan makan, kita langsung berpikir tentang anoreksia dan bulimia. Tapi tahukah Anda bahwa diet abadi dapat dianggap sebagai kelainan makan?

Menurut Psychology Today, orang yang berdiet delapan kali lebih mungkin mengembangkan kelainan makan dibandingkan orang yang tidak berdiet. Diet seperti obat gerbang yang dapat menjebak seseorang dalam lingkaran setan gangguan makan yang bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk diatasi. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa 35% dari "pelaku diet normal" berkembang menjadi diet patologis. Dari mereka, 25% berkembang menjadi gangguan makan sebagian atau sindrom penuh. Ini menunjukkan bahwa diet fad memang jenis gangguan makan.

Seperti penelitian menunjukkan, diet fad dapat berkembang menjadi jenis gangguan makan lainnya. Sekitar 10 juta wanita dan satu juta pria di Amerika Serikat berjuang melawan anoreksia dan bulimia. Ada 25 juta lainnya yang menderita gangguan pesta makan. Ada epidemi gangguan makan di negara kita yang menyebabkan efek lebih serius daripada kelebihan berat badan. Menurut National Association of Anorexia Nervosa dan Associated Disorders (ANAD), hampir 50% orang dengan kelainan makan memenuhi kriteria untuk depresi. Di bawah ini adalah statistik dari ANAD terkait dengan diet dan gangguan makan. Sayangnya diet fad mulai berdampak negatif pada anak perempuan di usia yang lebih muda seperti yang ditunjukkan oleh penelitian:

• 95% dari semua pelaku diet akan mendapatkan kembali berat badannya yang hilang dalam 5 tahun.
• Gangguan makan memiliki tingkat kematian tertinggi dari semua penyakit mental
• Lebih dari 50% gadis remaja menggunakan perilaku mengontrol berat badan yang tidak sehat seperti tidak makan, puasa, merokok, muntah, dan minum obat pencahar.
• 47% anak perempuan di kelas 5-12 ingin menurunkan berat badan karena gambar majalah.
• 42% anak perempuan kelas 1 - 3 ingin menjadi lebih kurus.
• 81% dari 10 tahun takut menjadi gemuk.


Statistik ini menunjukkan bahwa diet fad adalah masalah nyata dan semakin memburuk karena anak perempuan merasakan tekanan untuk menjadi kurus pada usia sebelumnya. Apakah budaya kita telah menyimpang sejauh ini sehingga hampir setengah dari anak perempuan kelas 1 khawatir menjadi lebih kurus? Statistik ini menunjukkan bagaimana diet fad dapat menyebabkan gangguan makan lain yang dapat menyebabkan depresi dan bahkan kematian. Diet iseng adalah masalah serius dengan konsekuensi serius.

Ketika Anda melakukan diet, apakah Anda benar-benar fokus pada kesehatan yang optimal? Atau apakah Anda hanya fokus pada penurunan berat badan? Apakah Anda beralih dari diet ke diet? Apakah Anda membiarkan diet dan berat badan Anda mengendalikan hidup Anda? Maka kemungkinan bahwa Anda adalah pelaku diet. Jika Anda tidak yakin apakah Anda terlibat dalam diet fad (patologis), berikut adalah beberapa elemen yang diambil dari Scared Skinny No More, yang akan memungkinkan Anda untuk melihat perbedaan antara makan sehat dan diet fad (gangguan makan).

• Diet sehat difokuskan pada penurunan berat badan yang sehat. Gangguan makan (fad diet) adalah cara tidak sehat untuk menurunkan berat badan.

• Diet sehat membuat tubuh Anda lebih kuat. Gangguan makan (mode makanan) membuat tubuh lebih lemah dan dapat menyebabkan banyak komplikasi kesehatan.

• Diet sehat dapat menyenangkan dan masih memungkinkan seseorang untuk hidup. Gangguan makan (fad diet) tidak menyenangkan dan mengambil alih kehidupan seseorang.

• Diet sehat adalah tentang membantu diri Anda menjadi lebih sehat dan kuat. Gangguan makan (mode makanan) berfokus pada apa yang orang lain pikirkan tentang Anda dan menarik perhatian karena alasan yang salah.

• Diet sehat memengaruhi kesehatan dan pilihan makanan seseorang. Gangguan makan (fad diet) memengaruhi setiap aspek kehidupan Anda.

Diet iseng bukan perbaikan cepat dan tidak akan pernah membuat Anda bugar. Cara paling efektif untuk mengendalikan berat badan adalah makan makanan alami yang sehat. Makanan diet dan makanan olahan pada umumnya bukanlah pilihan yang sehat. Sebenarnya sebelum prevalensi makanan olahan pada 1980-an, tingkat obesitas sedikit di bawah 10 persen, namun saat ini angka tersebut di atas 30 persen. Apa perbedaan utama dalam makan sebelum tahun 1980 dan sekarang? Sebelum tahun 1980-an, orang makan makanan alami. Mereka jarang makan makanan yang diproses, terutama karena sangat sedikit ada, namun ada lebih dari 20.000 produk makanan, termasuk produk makanan kesehatan dan diet, diperkenalkan ke pasar AS pada tahun 2010 saja.

Jadi, makanlah makanan alami yang sehat. Jawabannya mungkin terdengar sederhana, tetapi dalam budaya produk makanan olahan tidak selalu begitu sederhana. Anda harus melakukan upaya sadar untuk mengubah cara dan apa yang Anda makan, atau Anda akan jatuh kembali ke perangkap makanan olahan.

Berikut adalah beberapa tips dan strategi yang saya sarankan untuk mengubah kebiasaan makan Anda dalam enam minggu, sehingga Anda bisa bugar terlepas dari bentuk tubuh atau usia Anda. Enam minggu adalah jumlah waktu yang kami temukan yang optimal untuk menciptakan kebiasaan baru. Sementara perubahan gaya hidup juga perlu mencakup olahraga teratur, diet sehat adalah salah satu faktor utama dalam pengendalian berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Strategi-strategi ini akan membantu Anda fokus pada makan untuk kesehatan Anda.

• Mulai setiap pagi dengan minum 8-10 ons air dingin. Anda tidak hanya mengalami dehidrasi setelah tidur semalaman, tetapi ini akan "membangunkan" tubuh dan membuat reaksi kimia berlangsung.

• Jangan melewatkan sarapan dan pastikan untuk mengonsumsi protein.

• Masukkan sumber protein berkualitas setiap kali makan dan camilan.

• Konsumsi kacang-kacangan, dan karbohidrat berserat, seperti brokoli, squash, zucchini, dan paprika & batasi asupan buah.

• Pastikan untuk memasukkan makanan yang merupakan sumber Omega 3 yang baik (salmon liar, halibut, alpukat, kacang-kacangan, minyak Macadamia) karena ini membantu membakar lebih banyak lemak tubuh Anda.

• Hindari: Makanan olahan, dan karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta dan nasi yang rendah lemak dan lonjakan gula darah.

• Rencanakan menu Anda di awal minggu untuk memastikan pilihan makanan yang baik. Potong sayuran untuk disimpan dalam wadah selama seminggu.

Makan sehat bukan tentang memotong nutrisi tertentu, atau mengikuti beberapa rencana makan gila. Diet mode menciptakan rasa putus asa dan putus asa. Dengan tingkat kegagalan hampir 100%, tidak mengherankan bahwa diet fad sering berkembang menjadi diet patologis dan gangguan makan lainnya. Sudah waktunya untuk mengubah mode diet gila dan membalikkan tren yang sekarang mempengaruhi bahkan anak-anak muda kita pada tingkat yang mengkhawatirkan. Singkirkan diet, buang makanan olahan, dan mulailah makan untuk kesehatan Anda. Biarkan hari ini menjadi awal yang baru untuk Anda dan keluarga Anda. Fokus pada makan makanan alami nyata yang benar-benar akan membantu Anda terlihat dan merasa bugar!

Posting Komentar untuk "Diet Fad atau Gangguan Makan?"

Iklan Bawah Artikel