Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Makeup Untuk Pemula? Ini Tipsnya!


Halo semuanya! Apa kabar? Welcome to my blog. Jadi di artikel ini aku akan memberikan tips tentang bagaimana cara memilih makeup untuk pemula. Semoga informasi ini dapat membantu kalian dalam memilih makeup yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Biasanya untuk kalian yang masih pemula atau belum mengenal makeup, pasti bingung kan memilih makeup-makeup apa saja yang harus kalian miliki dan makeup-makeup yang seperti apa yang cocok untuk menunjang penampilan kalian? Nah, disini aku akan memberikan tipsnya!

1. Pelembab
Berapa pun usia dan apapun jenis kulitmu, menggunakan pelembab adalah hal yang wajib dilakukan. Penggunaan pelembab ini ada di tahap pertama, kenapa? Penggunaan pelembab selain dapat melindungi wajah kamu dari makeup, pelembab juga dapat membantu menyeimbangkan keadaan kulit wajahmu seperti membuatnya tetap lembab.

Untuk setiap jenis kulit, tentu pelembab yang digunakan juga akan berbeda. Kandungan yang terdapat dalam pelembab biasanya akan disesuaikan dengan keadaan setiap jenis kulit. Pelembab untuk jenis kulit berminyak atau oily skin biasanya memiliki tekstur yang lebih ke cream. Sedangkan untuk jenis kulit kering atau dry skin biasanya akan berbentuk gel karena dapat memberikan kelembaban yang lebih terutama bagi pemilik kulit kering. Jangan lupa juga untuk pemakaian pagi hari, pilihlah pelembap yang juga memiliki perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB.




2. Sunscreen 
Sunscreen atau tabir surya adalah produk wajib kamu gunakan. Sunscreen penting untuk menjaga wajah dari paparan sinar buruk UVA dan UVB. Jika waktumu lebih banyak dihabiskan di dalam ruangan, maka cukup gunakan sunscreen dengan SPF 30. Namun, jika waktumu lebih banyak dihabiskan di luar ruangan, maka gunakanlah sunscreen dengan SPF 50.

Saat ini sunscreen sudah banyak pilihannya, untuk merk lokal sendiri kalian bisa memilih Emina Sun Protection.


3. Primer
Jika ingin makeup tahan lebih lama, maka jangan lupa gunakan primer. Produk ini tidak hanya menghasilkan makeup yang mulus dan flawless, primer juga membuat pengaplikasian foundation lebih mudah dan merata dengan sempurna. Kelebihan lain yang dimiliki primer adalah dapat meminimalisir pori-pori besar dan kemerah-merahan pada kulit.

Produknya bisa kalian temukan dengan mudah, mulai dari harga yang murah hingga harga yang mahal. Untuk produknya kalian bisa coba Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser dan Benefit Cosmetics The POREfessional Face Primer.

Saat ini primer juga memiliki berbagai jenis, namun untuk pemula kalian bisa pilih primer yang berbentuk silicon dan hydration serum.



4. Base Makeup
Base makeup disini ada 2 jenis yaitu BB/CC/DD Cream dan Foundation. Base makeup ini penting diaplikasikan terlebih buat kamu yang memiliki banyak bekas jerawat dan mau ditutupi.
a. BB Cream
BB Cream merupakan alas bedak yang sudah mengandung moisturizer didalam produknya dan bertujuan untuk merawat kulit. Meski sudah memakai BB Cream apakah perlu juga menggunakan moisturizer sebelumnya? Meski sama-sama mengandung moisturizer, kulit kita tetap harus menggunakan pelembab sebelumnya karena BB Cream lebih ditujukan untuk makeup bukan sebagai moisturizer.

Karena sudah mengandung moisturizer, BB Cream sangat cocok digunakan untuk sehari-hari dan terasa ringan di wajah. Hasilnya juga tidak dempul (light coverage) seperti memakai foundation. BB Cream juga ditujukan untuk menyamakan warna kulit.

Dari segi harga, BB Cream/CC Cream maupun DD Cream biasanya lebih murah dari harga sebotol foundation. Seperti dibawah harga Rp.50.000,- kalian sudah bisa mendapatkan BB Cream/CC Cream/DD Cream dari brand lokal seperti Pixy, Wardah.

b. Foundation
Berbeda dengan BB Cream, biasanya foundation akan terasa sedikit lebih berat. Meski beberapa produknya sama-sama mengandung SPF didalamnya, namun produk ini juga memiliki tingkatan coverage (light, medium, full). Kelebihan foundation lainnya juga tahan lama, sehingga cocok digunakan untuk acara pesta.

Kekurangan dari pemakaian foundation yakni harus memakai pelembab dan primer terlebih dahulu untuk melindungi kulit dan wajib membersihkan muka secara maksimal, karena jika tidak maka sisa foundation yang masih menumpuk dapat menyumbat pori-pori yang menjaid penyebab timbulnya jerawat. 

Proses membersihkannya juga harus melalui 2 tahapan; gunakan milk cleanser terlebih dahulu, lalu dibersihkan lagi dengan micellar water dan diakhiri dengan cuci muka menggunakan sabun wajah.

5. Bedak

Bedak juga memiliki peranan penting dalam ber makeup, karena dapat mengunci base makeup yang tadi sudah digunakan sebelumnya. Dengan menggunakan bedak, base makeup akan lebih tahan lama. Oia, untuk pemilik kulit kering tidak disarankan untuk menggunakan bedak dalam jumlah banyak. Kenapa? Penggunaan bedak dapat membuat tampilan wajah kamu menjadi lebih flat dan tambah kering. Gunakan hanya di bagian tertentu saja, seperti di bawah mata agar foundation dan concealer tidak creasing.
Bedak yang biasa digunakan ada 2, yakni compact powder dan loose powder. 



7. Pensil Alis
Produk ini tidak wajib untuk dimiliki. Namun jika kamu tipikal yang sangat menguti trend NGALIS, maka produk ini wajib kamu miliki. Untuk pemula, lebih baik menggunakan pensil alis saja (yang warnanya disesuaikan dengan kebutuhan kalian)


Produk alis ini juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan alis yang terlihat lebih rapih dan terbentuk. 

8. Eyeshadow

Untuk mendapatkan riasan mata yang indah dan lebih menonjol dari biasanya, produk ini harus kamu miliki. Jenisnya pun banyak, ada yang powder, cream dan pensil. Untuk pemula, lebih baik menggunakan jenis powder dan memiliki banyak warna dalam 1 palet. Hindari warna-warna berani seperti hitam, biru, ungu, hijau, merah, kuning, orange karena kamu belum jago blending. Kenapa? Hasil percampuran warna-warna berani tadi jika tidak diblending dengan baik akan membuat riasan mata kamu akan berantakan.
Saat ini sudah banyak eyeshadow kualitas bagus seperti Wardah, Inez dan Focallure (pigmentasinya oke), Make Over (warnanya lucu-lucu), Beauty Creations.

9. Eyeliner

Untuk kamu yang memiliki mata sayu bisa langsung terlihat tajam dengan menggunakan eyeliner. Eyeliner juga dapat membuat makeup natural menjadi sedikit lebih bold. Eyeliner juga sudah berbagai macam bentuknya, ada yang pencil, spidol, gel, cair. Untuk pemula, mendingan gunakan eyeliner spidol karena tidak perlu diraut dan tahan lama terutama bagi kamu yang kelopak matanya berminyak.

Untuk produknya, kalian bisa memilih eyeliner spidol dari Maybelline. Warnanya yang hitam pekat, tahan lama dan cepat kering juga mudah untuk digunakan.
10. Maskara 
Kalian memiliki bulu mata yang tipis dan tidak panjang? Itu tandanya kalian juga butuh maskara! Semua kegalauan kalian terhdapa bulu mata bisa dibantu dengan bantuan maskara, karena maskara dapat membuat bulu mata kalian menjadi lentik, terlihat lebih panjang dan tebal. Maskara juga banyak jenisnya, tapi untuk pemula aku saranin pakai maskara yang umum saja dulu. Produk yang bisa kalian pilih ada Maybelline (yang sudah terkenal melentikkan dan menebalkan) dan Pixy yang memiliki base coat untuk bulu mata terlihat lebih panjang.
  

11. Blush On
Jika wajah kaliat terlihat pucat/flat,gunakan blush on atau perona pipi untuk membuat wajah terlihat lebih fresh atau segar. Meski blush on juga banyak jenisnya, untuk pemula gunakan blush on powder karena selain mudah ditemui harganya pun terjangkau.


Untuk produknya, salah satu blush on yang murah dan warnanya natural adalah Viva cuma Rp.5.000,-an.

12. Lipstik
Pada makeup wajah, tahap terakhir adalah lipstik. Memakai lipstik dapat menunjang penampilanmu agar terlihat lebih fresh disamping menggunakan blush on. Selain itu penggunaan lipstik juga dapat menutupi pinggiran bibir yang hitam.
Saat ini sudah banyak lipstik dijual di pasaran. Bentuknya pun beragam, mulai dari lipcream, lip liner dan lipstik. Untuk pemula, kalian bisa gunakan lipstik karena bentuk lipstik dapat disesuaikan dengan bentuk bibir dan meminimalisir kesalahan.
Opsional :
Concealer 

Concealer mampu menyembunyikan noda hitam, bekas jerawat, bahkan lingkaran hitam di mata. Produk ini biasa diaplikasikan di bawah mata. Jenis concealer juga beragam, untuk pemula bisa gunakan concealer jenis liquid/cair. Produk yang bisa digunakan adalah Maybelline Fit Me! Concealer

Jangan lupa untuk meninggalkan kritik dan saran kalian serta share artikel ini ke seluruh sosial media yang kalian punya agar artikel ini juga dapat berguna bagi orang lain. 

Posting Komentar untuk "Tips Makeup Untuk Pemula? Ini Tipsnya!"

Iklan Bawah Artikel