Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Agar Selalu Diberi Kesehatan

Doa Agar Selalu Diberi Kesehatan



Sebagai seorang muslimin yang selalu bekerja keras banting tulang kita pasti selalu mengharapkan kesehatan berjalan dengan baik dan normal agar kita selalu senantiasa dapat bekerja dan beribdah kepada Allah SWT. Hidup tanpa ada gangguan baik itu disebabkan terkena penyakit atau karena sebab musibah memang sangat dibutuhkan untuk setiap manusia. Untuk itu, selain kita rajin menjaga kesehatan tubuh kita maka kita juga haruslah dianjurkan untuk merutinkan berdoa dan beribdah setiap waktu. Berikut doa yang dapat kita senandungkan agar senantiasa diberi kesehatan oleh Allah. Berikut doanya:


اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ


Allahumma ‘afini fi badani, allahumma ‘afini fi sam’i, allahumma ‘afini fi bashori la ilaha illa anta.
Artinya :“Ya Allah, sehatkanlah badanku, Ya Allah sehatkanlah pendengaranku, Ya Allah, sehatkanlah pengelihatanku. Tiada Tuhan selain Engkau.”

Makna doa : Doa ini dianjurkan untuk dibaca setiap pagi dan petang (sore hari) sebanyak tiga kali. Hal ini sebagaimana disebutkan dalama hadis riwayat Imam Thabrani dari Abdurrahman bin Abi Bakrah.

Hadis riwayat Imam Thabrani dari Abdurrahman bin Abi Bakrah mengenai doa diatas;

سَمِعْتُ أَبِي يَدْعُو بِهَذَا الدُّعَاءِ اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَدَنِي ، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي ، اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي ، لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ ” غُدْوَةً وَعَشَيَّةً قَالَ : يَا بُنَيَّ ، إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدْعُو بِهِ ، وَأَنَا أُحِبُّ أَنْ أَسْتَنَّ بِسُنَّتِهِ

“Saya mendengar bapakku berdoa dengan doa ini; “Allahumma ‘afini fi badani, allahumma ‘afini fi sam’i, allahumma ‘afini fi bashori la ilaha illa anta,” setiap pagi dan petang. Kemudian dia berkata, wahai anakku, saya mendengar Rasulullah saw. berdoa dengan doa ini dan saya senang untuk mengikuti kebiasannya.”

Dan sesungguhnya kebugaran tubuh atau terganggunya kesehatan setiap insan manusia hanyalah ada di tangan Allah SWT, tetapi kita haruslah berusaha salah satunya adalah dengan membaca dengan rutin doa yang telah di jelaskan diatas. Meskipun kita sedang dalam keadaan sakit maka alangkah baiknya agar kita membacakan doa ini dan bacakan pada keadaan tertentu.
1. Ketika kita akan makan, bacakanlah doa ini dan bacakan juga doa sebelum makan
2. Ketika kita akan minum
3. Ketika kita akan minum obat
4. Ketika kita akan mengadakan pengobatan atau terapi
5. Setiap akan melakukan aktivitas dalam bekerja contohnya

Makna membaca doa agar diberi kesehatan;

1. Senantiasa kita akan diberi ketenangan
2. Mengingat nama Allah SWT
3. Mengamalkan hadis riwayat tentang doa agar diberi kesehatan
4. Dapat menjadi sumber pahala
5. Selalu ingat akan pentingnya menjaga kesehatan

Okelah sahabat analis kesehatan, kita sangat dianjurkan menjaga kesehatan tubuh terutama dalam keadaab tertentu. Selain rajin berolahraga maka kita juga dianjurkan untuk membaca doa agar diberi kesehatan dan selalu taat beribadah kepada Allah SWT.

Mungkin sekian artikel yang telah di posting oleh admin ini yaitu tentang “Doa Agar Selalu Diberi Kesehatan : menurut hadis, makna, dan cara atau waktu membacakannya” semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan kita juga dapat mengamalkannya.

Posting Komentar untuk "Doa Agar Selalu Diberi Kesehatan"

Iklan Bawah Artikel